Pengertian Dan Cara Membuat Latar Belakang skripsi

Pengertian Dan Cara Membuat Latar Belakang skripsi

Advertisements

Mengenal Pengertian Dan Cara Membuat Latar Belakang Skripsi Yang Benar 

Ngerjain Tugas Makin Produktif Ditemani 12 Lagu Ini
Sumber: Hipwee

Dalam penulisan skripsi, ada salah satu bagian didalamnya yang bernama latar belakang penelitian. Apakah kamu sekarang sedang mengerjakan skripsi dan dibagian penulisan latar belakangnya mengalami kesulitan menulisnya? Tenang, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat latar belakang skripsi yang baik dan benar. 

Namun sebelumnya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu latar belakang? Simak penjelasan berikut ini !

1. Pengertian Latar Belakang

Latar belakang merupakan halaman yang ditulis penyusun (baik penyusun buku maupun laporan karya ilmiah) yang secara garis besar berisi informasi yang ingin memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai tujuan dan keinginan penulis. 

Dalam perspektif lain, latar belakang masalah menjadi dasar utama bagi penulis untuk memberikan pemahaman kepada pembaca. Penulisan latar belakang ini sebagai upaya untuk memberikan informasi tentang garis besar apa yang akan dibahas didalam inti karya tersebut. 

2. Cara Membuat Latar Belakang

Banyak yang masih kebingungan dengan cara membuat latar belakang, terutama bagi penulis pemula. Sebenarnya, terdapat beberapa poin yang penting diperhatikan sebelum membuatnya yaitu mengetahui isi latar belakang secara garis besar. Isi latar belakang bisa ditulis berdasarkan alasan rasional dan esensial. Artinya, isi latar belakang ditulis berdasarkan data dan fakta yang ditemukan. 

Latar belakang berisi gejala – gejala yang ditemukan di lapangan. Dimana gejala – gejala tersebut muncul dari masalah yang nantinya akan dijabarkan dan ditemukan solusinya. Selain itu, latar belakang juga isinya bisa mengacu pada krisis ideologi sosial, politik, ekonomi, budaya, dan masih banyak lagi yang sebenarnya bisa diangkat menjadi isi latar belakang. 

Nah, bagi kamu yang sudah siap menulis latar belakang, berikut caranya yang baik dan benar :

Advertisements
Tips Menulis Latar Belakang Supaya Tidak Revisi - Pengalaman Edukasi
Sumber: Pengalaman edukasi
  • Latar Belakang Ditulis Dalam Kondisi Ideal

Cara pertama adalah menulis latar belakang dalam kondisi ideal. Latar belakang idealnya ditulis dalam bentuk visi dan misi yang diinginkan oleh penulis atau peneliti. Penulisan visi misi yang berbobot tentunya bisa menggetarkan calon pembaca. Pada bagian latar belakang tersebut, penulis bisa tuliskan tujuan dan hal yang ingin disampaikannya. 

  • Menulis Latar Belakang Berdasarkan Permasalahan Yang Terupdate Hari Ini 

Kemudian membuat latar belakang skripsi berdasarkan permasalahan yang terupdate hari ini atau bisa dibilang latar belakang yang baik ditulis secara faktual. Secara teknis, isi dari latar belakang mengangkat keresahan dan permasalahan yang terjadi. Permasalahan yang diangkat inilah yang nantinya menjadi alasan kenapa kamu menulis atau meneliti tema tersebut. 

  • Mencari Solusi

Setelah menemukan akar masalah dan sumber permasalahannya, langkah berikutnya adalah mencari solusi. Jadi di bagian latar belakang tidak hanya ditulis akar masalah saja, namun tuliskan juga bsolusi dari permasalahan tersebut secara singkat. Kemudian solusi inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai modal untuk menindaklanjuti ke pokok pembahasan. 

  • Menulis Latar Belakang Dengan Melakukan Perbandingan

Selain itu, ada juga sebagian yang menuliskan latar belakang dengan melakukan perbandingan dengan penelitian atau tema yang pernah diangkat sebelum – sebelumnya.  

Sebenarnya penulisan latar belakang tidak banyak aturan dan tidak sedetail saat menuliskan bagian pembahasan. Meski demikian, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat latar belakang seperti :

  • Hindari menyertakan informasi yang tidak relevan dengan topik yang akan dibahas. 
  • Hindari menggunakan bahasa yang tidak sesuai dengan standar ilmiah. 
  • Jangan lupa sertakan referensi dari sumber – sumber yang digunakan. 
  • Tidak menyimpang dari tujuan artikel ilmiah yang akan ditulis. 
  • Pastikan menggunakan tenses yang tepat. 

Baca juga: Cara Membuat Abstrak Skripsi Yang Baik Dan Benar

Advertisements

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *