Ini Dia Manfaat Dari Jatuh Cinta

Ini Dia Manfaat Dari Jatuh Cinta – Jatuh cinta merupakan perasaan yang meningkatkan kebahagiaan tersendiri bagi yang merasakan. Seseorang yang sedang jatuh cinta sering diibaratkan merasakan seluruh dunia ini adalah hal yang nikmat.

Perasaan yang timbul membuat jantung berdebar, merinding, serta dampak lainnya jika sedang bertemu atau berbicara dengan orang yang dicinta. Selain memiliki keunikan tersendiri, ternyata jatuh cinta memiliki manfaat lainnya sebagai berikut:

1. Meningkatkan Percaya Diri

Percaya-diri

Peneliti dari University of Western Virginia, California mendapatkan temuan yang mengungkap bahwa jatuh cinta adalah hasil dari aktivitas 12 area otak yang bekerjasama.

Mereka menyebut terdapat lonjakan bahan kimia semacam dopamin dan aksitoksin, kedua hal ini menjadi penambah rasa percaya dan mengurangi kecemasan. Penemuan yang diungkap dalam Annals of Behavioral Medicine ini juga menyebut hal ini yang membuat orang yang jatuh cinta menjadi lebih percaya diri.

2. Mampu Melawan Infeksi

Melawan-infeksi

Selain meningkatkan kepercayaan diri, jatuh cinta memiliki dampak bagi kekebalan tubuh dalam mencegah infeksi. Hal ini dinyatakan pada penemuan lain yang diungkap dalam jurnal Psychoneuroendocrinology setelah melakukan penelitian terhadap 50 perempuan.

Mereka mengatakan terdapat perubahan genetik pada perempuan tersebut, hal yang dimaksud adalah terdapat konsentrasi senyawa yang lebih tinggi untuk melawan virus.

3. Mengurangi Rasa Sakit

Mengurangi-rasa-sakit

Penelitian lain dilakukan oleh Stanford University dengan mengamati respon otak ketika orang yang merasakan sakit sedang melihat foto orang yang dicintai.

Hasilnya, rasa sakit yang dirasakan orang tersebut mencapai 40%. Dengan kata lain rasa cinta tersebut dapat mereduksi rasa sakit dari penderita.

Itulah beberapa manfaat dari jatuh cinta, tentunya banyak hal positif lain yang bisa dinikmati dari perasaan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *