Marah Karena Terus Dicambuk, Beruang Sirkus di Rusia Serang Pawangnya

Kejadian cukup mengerikan berlangsung di Volgograd, Rusia. Dalam sebuah pertunjukan sirkus, ada seorang pawang yang diserang oleh beruang madu berukuran cukup besar. Penyerangan ini terekam di salah satu kamera penonton yang ingin menyaksikan aksi beruang tersebut.

Awalnya, sang beruang keluar dari balik tirai dengan ditarik oleh salah seorang pawang yang mengenakan baju biru. Beruang tersebut dituntun menuruni sebuah seluncuran dengan memakai skateboard. Namun si beruang tampak gelisah dan ingin segera kembali masuk ke balik tirai.

Melihat hal tersebut, seorang pawang lain yang memakai baju merah mencambuk beruang itu dengan harapan ia akan menurut. Tapi yang terjadi justru sebaliknya, beruang tersebut berdiri dan menyerang pawang berbaju merah.

Sementara pawang yang memakai baju biru terlihat agak mundur karena ketakutan. Seorang pawang lain datang membantu dan memukuli beruang dengan sebuah tongkat kayu. Bukannya mereda, kemarahan beruang tersebut malah semakin menjadi.

Terlihat pawang yang diserang tertidur di lantai dengan ditindihi tubuh beruang yang cukup besar. Tak berapa lama kemudian, sang pawang berhasil kabur dan ia segera masuk ke balik tirai. Sementara beruang itu berusaha ditenangkan lagi oleh pawang berbaju biru.

Penonton yang menyaksikan adegan tersebut sontak menjerit ketika tahu ada penyerangan beruang. Tapi mereka sebagian besar merasa kasihan kepada si beruang karena diperlakukan kurang layak oleh para pawang.

Banyak penonton yang berharap pemerintah segera membuat aturan untuk melarang penggunaan hewan dalam acara sirkus, terutama jika mereka diperlakukan secara kejam.

“Saya harap pemerintah melakukan pemeriksaan dan mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di sirkus itu,” ujar salah satu penonton.

Sementara itu, video kemarahan beruang tersebut beredar di YouTube dengan durasi 1 menit lebih. Sebagian besar netizen sangat menyayangkan masih ada binatang yang tersiksa untuk kebutuhan sirkus.

“Sebenarnya sederhana saja, hentikan menggunakan hewan untuk hiburan semacam ini,” begitu bunyi salah satu komentar dari video tersebut di YouTube.

beruang-sirkus

Di Eropa, sirkus menggunakan hewan memang menjadi salah satu hiburan yang terkenal. Tercatat ada lebih dari seribu hewan yang saat ini menjadi pelaku sirkus dan diduga mendapat perlakuan buruk. Namun Inggris belum lama ini mengeluarkan pernyataan bahwa mereka akan melarang penggunaan hewan untuk sirkus di awal tahun 2020 nanti. Sebelum Januari 2020, semua perusahaan sirkus tak boleh lagi memunculkan atraksi hewan liar.

Kebijakan tersebut mendapat sambutan yang sangat baik dari para aktivis dan masyarakat secara umum. Terlebih lagi, Inggris merupakan salah satu negara yang selama 250 tahun sangat terkenal dengan budaya sirkus hewannya.

Aksi protes sudah sering dilakukan oleh para aktivis di Inggris untuk menghentikan penggunaan hewan dalam sirkus. Salah satu anggota sebuah kelompok peduli hewan bernama David Bowles, menuturkan ia sangat gembira dengan kebijakan baru tersebut, “Kabar mengenai pemerintah yang menyatakan tidak ada keterlibatan hewan liar di sirkus di Inggris setelah musim 2019 atau lebih awal sangat kami sambut,” ujarnya.

Selain kejadian beruang yang marah karena dicambuk pawangnya, kamu harus tahu bahwa badai raksasa telah menyelimuti Mars, dan apa ya dampak bagi Bumi? Kamu bisa lihat berita Badai Raksasa Selimuti Mars, Adakah Dampaknya bagi Bumi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *