Uniknya Makanan Khas Australia yang Jadi Trend Tahun Ini

Uniknya Makanan Khas Australia yang Jadi Trend Tahun Ini – Kalau berbicara tentang Jepang, pasti Anda langsung teringat akan sushi dan ramen. Korea, dikenal akan kimchi dan bibimbapnya. Italia, tentu saja pizza dan pasta. Lalu apa yang kira-kira ikonik dari Australia? Negara satu ini bisa dibilang tidak memiliki kuliner yang dikenal luas seperti halnya negara-negara di atas.

Tapi bukan berarti tak ada makanan enak dan unik di Negeri Kanguru ini. Ada banyak sekali makanan unik yang wajib dicoba dan jadi favorit para traveler di tahun 2018 ini.

1. Vegemite

Vegemite

Siapa yang suka menyantap roti dengan selai? Nah, Australia punya sebuah selai unik yang dinamakan vegemite. Berbeda dengan selai kebanyakan yang memiliki rasa manis, berbeda dengan vegemite yang rasanya justru merupakan percampuran asin dan pahit.

Selai ini teruat dari ekstrak ragi bir yang kemudian dicampur dengan sayur dan rempah untuk menciptakan rasa gurih. Penduduk asli Australia biasa menyantap selai vegemite ini dengan roti, biskuit, kue kering atau juga dijadikan isian sandwich.

Vegemite banyak dijadikan oleh-oleh dari Australia dan dikemas dalam wadah kaca bening dengan stiker kuning menyala.

2. Meat pie

Meat-pie

Untuk Anda yang suka dengan olahan daging, wajib mencoba makanan khas Australia yang bernama meat pie. Seperti namanya, makanan ini merupakan pie yang berisi potongan daging dengan tambahan bawang Bombay, jamur, serta keju yang sangat banyak.

Rasanya jangan ditanya lagi, sudah pasti sangat nikmat terutama jika disantap dengan saus tomat. Meski terlihat biasa, meat pie sebenarnya merupakan makanan nasional Australia yang sering disajikan di momen-momen spesial.

3. Pavlova

Pavlova

Meski namanya tidak terlalu mendunia, tapi Anda yang suka menyantap makanan manis pasti kenal dengan kue ini. Pavlova merupakan dessert yang terbuat dari meringue, yaitu putih telur yang dikocok hingga kaku kemudian dipanggang.

Meringue ini memiliki rasa yang ringan dan sedikit manis, berpadu harmonis dengan taburan buah yang ditambahkan di atasnya. Biasanya, ada juga krim kocok yang dijadikan hiasan sekaligus pemanis.

Kue satu ini kabarnya sudah ada di Australia sejak abad ke 20 dan dinamai seperti seorang ballerina Rusia yang kala itu mengadakan tur ke Australia bernama Anna Pavlova.

4. Lamington

Lamington

Makanan selanjutnya yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Australia adalah Lamington. Lamington merupakan sebuah cake coklat yang disiram dengan lelehan coklat kemudian ditaburi kelapa kering panggang.

Rasanya sungguh nikmat, perpaduan dari manis, sedikit pahit dari coklat, dan super gurih dari kelapa. Nama kue ini kabarnya berasal dari nama gubernur Queensland yaitu Lord Lamington.

Kue ini katanya merupakan buatan dari koki Lamington bernama Armand Galland yang menciptakannya untuk jamuan mendadak tanpa persiapan bahan yang lengkap.

Dengan bahan seadanya, Galland pun membuat cake tersebut dan di luar dugaan ternyata banyak yang menyukainya.

Kalau Anda berkesempatan untuk liburan di Australia, jangan lupa mencicipi kuliner-kuliner khas tersebut. Tidak ada salahnya juga membungkusnya untuk oleh-oleh pulang ke tanah air. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *