7 Nama Lain Hari Kiamat

beritanakmuda.com- Hari kiamat merupakan hari akhir kehidupan seluruh umat manusia dan makhluk hidup lainnya di dunia yang pasti akan terjadi. Namun, tidak ada satu makhluk pun yang mengetahui kapan hari kiamat itu terjadi. Hanya Allah Subhana wa Ta’ala saja yang mengetahuinya. Karena memang, hari kiamat ini merupakan ketentuan dan rahasia Allah Subhana wa Ta’ala. 

Di dalam Al Quran, hari kiamat ini memiliki nama-nama yang berbeda. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan coba membahas tentang 7 nama lain hari kiamat sebagai berikut :

Nama Lain Hari Kiamat

1. Yaumul Jama’a (Hari Berkumpul)

Hari kiamat juga bisa disebut dengan nama  Yaumul Jama’a yang artinya hari berkumpul. Karena memang pada hari kiamat nanti semua manusia akan dibangkitkan dari kuburnya, lalu Allah Subhana wa Ta’ala akan mengumpulkan mereka semua. Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Dan memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul yang tidak ada keraguan padanya,” *QS. Asy-Syura : 7). 

2. Yaumul Wa’id (Hari Yang Dijanjikan)

Di dalam Al Quran hari kiamat juga bisa disebut dengan nama Yaumul Wa’id yang artinya hari yang dijanjikan. Karena hari kiamat itu merupakan hari yang pasti akan terjadi sebagai peringatan bagi manusia. Allah Subhana wa Ta’ala menyebutkannya dalam surat Qaf ayat 20 yang berbunyi :

Artinya : “Dan ditiuplah sangkakala. Itulah hari yang dijanjikan,” (QS. Qaf : 20).

3. Yaumul Khulud (Hari Yang Kekal)

Nama lain dari hari kiamat di alam Al Quran adalah Yaumul Khulud yang artinya hari yang kekal. Karena akhirat adalah negeri yang kekal sedangkan dunia sifatnya fana alias tidak kekal. Hal ini tercantum di dalam Al Quran surat Qat ayat 32 yang berbunyi :

Artinya : “Masukkilah ke (dalam surga) dengan keselamatan. Itulah hari yang kekal,” (QS. Qaf :34).

4. Yaumul Tanad (Hari Saling Memanggil)

Nama lain hari kiamat di dalam Al Quran adalah Yaumul Tanad yang artinya hari saling memanggil. Karena pada waktu itu akan banyak orang yang saling memanggol orang lain saat amalannya ditimbang. Lalu mereka saling menuntut satu sama lain. Kondisi ini disebutkan dalam surat Ghafir ayat 32 yang berbunyi :

Artinya : “Wahai kaumku. ‘Sesungguhnya aku takut kepada kalian pada hari saling memanggil.” (QS. Ghafir : 32). 

Baca juga : 3 Keutamaan Asmaul Husna Yang Wajib Diketahui Umat Muslim

5. Yaumul Fash (Hari Pemisah/Keputusan)

Nama lain hari kiamat selanjutnya di dalam Al Quran adalah Yaumul Fash yang artinya hari pemisahan atau keputusan. Hal ini tercantum dalam surat Ash Shaffat ayat 21 yang berbunyi :

“Inilah hari pembalasan yang dahulu kamu dustakan,” (QS. Ash Shaffat : 21).

6. Yaumul Khuruj (Hari Dikeluarkan Dari Kubur)

Selain sebagai hari kehancuran alam semesta, hari kiamat juga disebut sebagai Yamulu Khuruj yang artinya hari dikeluarkan dari kubur. Sebab pada hari kiamat nanti semua manusia akan dimatikan dan kemudian dibangkitkan kembali. Saat itulah semua manusia dikeluarkan dari kuburnya. 

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Pada hari ketika mereka mendengar suara dahsyat dengan sebenarnya. Itulah hari keluar (dari kubur),”

7. Yaumul ‘Asir (Hari Yang Sulit)

Di dalam Al Quran hari kiamat juga bisa disebut dengan nama Yaumul ‘Asir yang artinya hari yang sulit. Hal ini tercantum dalam surat Al-Mudassir ayat 9 yang bunyinya :

Artinya : “Maka waktu itu adalah waktu (datangnya) hari yang sulit,” (QS. Al-Mudassir : 9). 

Baca juga : Berikut Ini Nama Lain Hari Kiamat Di Dalam Al Quran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *