General

Apakah Udang Memiliki Otak? Cek Faktanya Disini

Apakah Udang Memiliki Otak? Cek Fakta – Fakta Berikut Ini

Sumber: Greeners.co

Udang adalah hewan yang termasuk kelompok Crustacea (udang – udangan) yang dikenal memiliki bentuk tubuh membungkuk serta bagian kepala dan dada yang menyatu. 

Pada bagian tubuhnya tidak dijumpai adanya sistem kerangka internal sama seperti yang ada pada tubuh hewan mamalia. Oleh karena itu, udang termasuk kelompok hewan invertebrata atau tidak memiliki tulang punggung atau tulang belakang. Meski demikian, udang juga ternyata punya sistem saraf dan otak. 

Untuk mengetahui apakah udang memiliki otak? Cek fakta – fakta berikut ini ! 

1. Udang Punya Otak Namun Sangat Kecil

Melansir situs University of Washington dijelaskan bahwa udang merupakan hewan yang memiliki otak meski memang ukurannya sangat kecil. Otak udang berada di bagian belakang kepala dan berdekatan dengan punggung.

Fungsi otak pada tubuh udang adalah sebagai pengatur utama di sistem saraf pusat. Menurut Sciencing, otaku dang yang berukuran sangat kecil ini hanya terdiri atas beberapa kelompok sel saraf atau bisa disebut ganglia. 

Kelompok sel saraf pada hewan laut ini bisa ditemukan di bagian belakang atau punggung sisi kepala. Sama seperti manusia, udang juga punya tali saraf yang memiliki fungsi tertentu. Namun bedanya, tali saraf yang dimiliki udang tidak tertutup dan terbelah menjadi dua. Tali saraf udang berbentuk panjang yang menurun dari otak menuju ke bagian perut dan sisi ventral tubuhnya. 

Saraf udang yang bercabang dari tali saraf ini berfungsi untuk membantu mengumpulkan berbagai informasi yang didapatkan dari organ sensorik. Contohnya adalah reseptor penciuman yang mampu mendeteksi feromon dan pelapis kaki untuk mengenali kondisi lingkungan sekitarnya, serta organ sensorik di bagian punggung. 

Saat organ sensorik udang memberikan informasi, maka sistem saraf akan langsung menyebarkan informasi tersebut ke berbagai sel lainnya. Udang memanfaatkan hormon dan neurotransmitter atau senyawa pengirim pesan agar bisa saling berkirim pesan dan berkomunikasi. 

2. Udang Menggunakan Otak Untuk Menangkap Rangsangan

Hewan ini menggunakan otaknya untuk menangkap rangsangan lainnya yang datang dari lingkungan sekitarnya seperti saat adanya getaran, senyawa kimia tertentu, dan gerakan air. 

Dalam situs Queensland Brain Institute dijelaskan bahwa otaku dang dan beberapa krustasea kecil memiliki kemampuan yang sangat menakjubkan untuk mengenali dan memahami sejumlah visual yang belum tentu dapat dilihat makhluk hidup lainnya. 

Sebagai contoh, udang mantis yang memiliki sistem visual paling kompleks di dunia. Peneliti mengungkapkan kemampuan yang sangat luar biasa tersebut dikarenakan kecilnya ukuran tubuh reniform udang dan krustaseal. Otak krustasea tersebut berada di bagian tangkai mata yang menopang kedua mata hewan laut ini. 

Selain itu, retina udang pun sangat kompleks yang membuatnya mampu memproses berbagai jenis informasi warna dan kemudian mengolahnya dengan cara yang paling dianggap masuk akal oleh bagian otak lainnya. Oleh karena itu, hewan ini memiliki kemampuan dapat melihat warna yang tidak bisa terlihat manusia. 

3. Bentuk Otak Udang Mantis Seperti Jamur

Sumber: Merah Putih

Kemudian para peneliti mengungkapkan bahwa meski otak udang mantis berbentuk seperti jamur dan sejauh ini hanya terlihat pada serangga, namun dalam otak udang mantis terdapat pusat memori serta kemampuan untuk mempelajari sesuatu. 

Hal itu kemungkinan berkaitan dengan cara udang mantis untuk bertahan hidup. Udang mantis adalah satu – satunya jenis krustasea (udang – udangan) yang mampu berburu hingga jarak jauh dan bahkan mungkin mampu mengingat lokasi mereka dan bisa mendapatkan makanan. 

Seorang ilmuwan saraf dari University of Arizona, Nicholas Strausfed pada tahun 2017 silam melaporkan analisis terperinci tentang bagian seperti jamur di otak udang mantis. Kemudian dalam laporan tersebut, Strausfeld bersama kelompoknya menunjukkan fakta baru bahwa fitur neuroanatomi mampu menjelaskan bentuk jamur tersebut yang juga ada di seluruh krustasea. 

Baca juga: Cara Menentukan Target Pasar

Vivian Ningrum

Recent Posts

Kapan Batas Waktu Sholat Maghrib? Ini Pendapat Para Ulama!

Sholat Maghrib adalah salah satu dari lima sholat wajib yang harus dilaksanakan oleh umat Muslim…

3 jam ago

9 Lagu Terbaik Billie Eilish, Ada Ocean Eyes!

Billie Eilish adalah salah satu penyanyi dan penulis lagu yang paling terkenal saat ini. Lahir…

1 minggu ago

6 Film Terbaik Dakota Fanning, Ada War Of The Worlds!

Dakota Fanning adalah salah satu aktris paling berbakat di Hollywood, yang telah memikat penonton sejak…

2 minggu ago

4 Cara Mengobati Bisul di Pantat, Hindari Kebiasaan Buruk!

Bisul di pantat memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat duduk. Penyakit kulit ini disebabkan…

2 minggu ago

Film Terbaik Joaquin Phoenix, Ada Joker!

Joaquin Phoenix, aktor berbakat yang dikenal karena kemampuannya untuk menjiwai peran-peran kompleks, telah berhasil mencuri…

3 minggu ago

10 Film Semi Genre Komedi Terbaik, Ada Friends with Benefits!

Film semi genre komedi memang memiliki daya tarik tersendiri. Kombinasi antara humor yang mengundang tawa…

3 minggu ago