Ketahui 7 Asmaul Husna Beserta Artinya Berikut Ini

BeritaAnakMuda.com – Asmaul Husna adalah nama-nama terbaik Allah SWT. Hadist Nabi Muhammad SAW, seperti yang diceritakan oleh Bukhari kepada umat Islam, menyebutkan bahwa Allah SWT memiliki 99 nama yang mengandung makna. Nama asmaul husna beserta artinya tersebut yang menunjukkan kebesaran Allah SWT sebagai pencipta dan pemelihara alam semesta. 

Dalam kitab “Berperilaku Menurut Al-Asma’u Al-Husna” karangan Arif Nur Rahman Al-Aziiz dijelaskan bahwa sedikitnya ada tujuh dari 99 nama, yaitu Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al-Matin, Al-Jami, al-Adl dan al-Akhir.

Makna Asmaul Husna Beserta Artinya

1. Al Karim

Allah SWT. Kemampuan untuk memuliakan dan merendahkan seseorang menjadi mulia, begitu pula sebaliknya. Kemuliaan yang ditawarkan Allah SWT sepenuhnya berdasarkan kehendak-Nya. Tidak ada makhluk yang bisa menghalangi-Nya. Salah satu kasih Allah SWT. disebutkan dalam surat Al-Infitar [82]: 6-7) yang artinya:

Wahai manusia! Apa yang menipumu (Tidak mematuhi Tuhanmu yang penuh maha kasih. Yang menciptakanmu kemudian menyempurnakanmu dan menjadikan (struktur tubuh) seimbang).

2. Al Mu’min

Al Mu’min berarti Pemberi Keamanan Tertinggi. Allah SWT memiliki kehendak atas segalanya. Jika Allah SWT telah melindungi seseorang, tidak ada yang bisa menyakiti mereka. Al Mu’min dijelaskan dalam al-Hasyr [59] ayat 23 yang artinya

Dia adalah Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. Raja Maha Suci, Maha Sejahtera, Maha aman, Maha Perkasa, Yang Mahakuasa, Yang Mahakuasa, Yang Esa dengan segala keagungan. Puji Allah untuk apa mereka sekutukan.

Imam Ghazali menjelaskan bahwa Al-Mu’min adalah sifat Allah SWT yang menunjukkan rahmat kepada setiap muslim untuk rasa aman-Nya. Keamanan tidak bisa ada dalam pikiran siapa pun kecuali itu berasal dari Allah SWT. 

Siapapun yang berkata, “Saya mencari perlindungan di sisi Allah SWT.” Hal ini dapat diartikan bahwa dia sedang mencari perlindungan kepada Allah, dan Allah tidak akan menolak hamba-hamba-Nya yang setia jika mereka meminta perlindungan dan keselamatan kepada-Nya.

3. Al Wakil

Al Wakil berarti pembela tertinggi. Sekalipun alam semesta sangat luas, Allah tidak memiliki masalah untuk menjaganya, seperti yang dijelaskan dalam Sura Al-An’am [6] ayat 102, yang berarti: “Inilah Tuhan, Tuhanmu; tidak ada Tuhan selain Dia; Pencipta segala sesuatu, sembahlah Dia; Dia adalah penjaga segalanya.

Ayat di atas menjelaskan bahwa Allah SWT menciptakan segala sesuatu di alam semesta. Apalagi Allah tidak mengabaikan makhluk yang diciptakan-Nya. Melalui ayat ini manusia dapat mengetahui bahwa Allah SWT memelihara semua yang Dia ciptakan.

4. Al Matin

Al-Matin artinya yang paling tahan lama. Dijelaskan di Qs. Az-Zariyyat [51 ayat 58, artinya: “Sesungguhnya Allah, Dialah pemberi rizki yang kekuatannya sangat kokoh”.

5. Al Jami

Al-Jami artinya Yang Maha Penghimpun. Allah SWT. Maha Menghimpun Tertinggi dari Semua yang Menambah bahkan tidak terbatas. Allah SWT. Dia mampu mengumpulkan segala sesuatu di alam semesta ini dan tidak ada yang mustahil bagi-Nya. 

Dia menetapkan simpati pada dirinya sendiri. Dia benar-benar akan mengumpulkanmu pada Hari Kebangkitan tanpa keraguan. Mereka yang merugikan diri sendiri tidak beriman. “

6. Al Adl

Al – ‘Adl artinya paling adil dalam membagi, menentukan dan menentukan sesuatu. Allah menyatakan bahwa tidak ada Tuhan selain Dia. Demikian juga para malaikat dan orang-orang bijaksana yang menjaga keadilan. tidak ada tuhan selain Dia, Yang Perkasa, Yang Maha Bijaksana. 

Allah memerintahkan orang untuk menjadi orang benar. Jujur berarti tidak memihak dan tidak memihak. Adil juga bisa berarti meletakkan sesuatu pada tempatnya.

7. Al Akhir

Al-Akhir memiliki arti Maha Akhir. Allah SWT. tidak ada awal atau akhir. Allah tidak sama dengan manusia yang memiliki permulaan yaitu lahir dan berakhir yaitu kematian. 

Namun, Allah itu abadi, begitu pula nama Al-Akhir. Allah tetap ada meskipun seluruh alam semesta hancur dan musnah seperti yang dijelaskan dalam Sura al-Hadid ayat 3 “Dia adalah Yang Awal, Akhir, Zahir dan Batin; dan Dia tahu segalanya. “

Itulah tadi 7 makna asmaul husna beserta artinya yang wajib diamalkan oleh kaum muslim.

Baca juga: Do’a Paling Sempurna untuk Pengantin Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *