Ini Dia Cara Efektif Untuk Mengatasi Kulit Kering

Beritanakmuda.com – Kulit kering pastinya pernah dialami semua orang sesekali sepanjang hidupnya, tidak perduli apapun jenis kulitnya. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit kering seperti kondisi lingkungan yang kering, keturunan secara genetik, atau juga mandi yang berlebihan.

Sangatlah mudah untuk kita jika ingin mengetahui apakah kulit kita termasuk kulit yang kering atau lembap, caranya itu adalah dengan menggunakan kuku untuk menggaruk kulit.

Setelah kulit digaruk maka lihatlah dibagian kulit yang digaruk tadi, jika kulit kering maka akan adanya goresan putih dikulit kepala.

Tetapi jika kulit kita memiliki kadar kelembapan yang baik maka tidak akan adanya goresan putih pada kulit. Penderita kulit kering ini pastinya ingin segera mengatasi kulit keringnya itu.

Para penderita kulit kering ini tidak perlu khawatir karena adanya banyak cara mengatasi kulit kering yang efektif.
Berikut cara efektif untuk mengatasi kulit kering diantaranya yaitu:

Dengan Menghindari Merokok Dan Alkohol

Berhenti-merokok

Didalam rokok ada kandungan tar yang akan dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Zat berbahaya dalam rokok ini juga akan dapat menghancurkan jaringan vitamin C yang akan berfungsi untuk menjaga kulit tetap lembab dan sehat. Begitu juga dengan alkohol akan memberikan efek yang serupa, selain akan membuat dehidrasi tetapi juga akan membuat kulit menjadi kering.

Jika teralu sering atau banyak mengkonsumsi alkohol maka kemampuan tubuh untuk menyerap cairan akan berkurang. Dan akhirnya akan menyebabkan kulit menjadi kering, mudah iritasi, dan akan berwarna kemerahan akibat dari kurangnya cairan dan juga mineral.

Dengan Menghindari Terlalu Seringnya Membasahi Tubuh

terlalu-sering-membasahi-tubuh

Jika terlalu sering mandi atau mencuci muka maka bukannya akan melembabkan kulit, yang ada justru akan membuat kulit menjadi semakin kering.

Sebenarnya mandi satu kali saja dirasa sudah cukup. Hindari juga untuk mengaplikasikan uap atau steaming pada kulit dan hindari penggunaan air yang terlalu panas.

Yang baik itu adalah dengan menggunakan air hangat suam suam kuku sehingga kulit tidak akan kehilangan kelembaban alaminya.

Lapisan lemak pelindung kulit juga akan rusak jika menggunakan air yang terlalu panas. Dan juga hindarilah untuk berlama lama dibawah pancuran atau berendam.

Dengan Menggunakan Sunscreen

Menggunakan-Sunscreen

Jika sering melakukan aktivitas diluar ruangan maka sebaiknya selalu membawa sunscreen dan mengoleskannya secara berkala. Dipasaran ada berbagai macam sunscreen yang berbeda beda tingkatan SPF nya.

Sebenarnya nilai SPF ini menunjukkan seberapa lama produk tersebut akan dapat melindungi kulit dari paparan sinar violet. Misalnya saja SPF 30 itu berarti sunscreen akan dapat melindungi kulit selama 30 menit.

Sehingga setelah 30 menit berlalu maka lapisilah kulit lagi dengan sunscreen sehingga kelembaban kulit akan terjaga.

Itulah cara efektif untuk mengatasi kulit kering. Selain itu masih ada cara yang efektif lainnya yaitu dengan melakukan perawatan kulit di rumah misalnya dengan membuat masker dari bahan bahan alami seperti alpukat, pisang, lemon, dan gula jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *