Ini Dia Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami

Beritanakmuda.com – Salah satu masalah kulit kepala yang sering terjadi adalah ketombe. Walaupun tidak membahayakan jiwa, namun ketombe ini bisa membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Selain bisa mengurangi rasa percaya diri, ketombe ini juga sangat mengganggu karena rasa gatalnya di kepala.

Perlu diketahui bahwa ketombe ini bisa disebabkan oleh jamur yang tumbuh akibat kurangnya menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala.

Ketombe ini sendiri merupakan kulit kering yang terkelupas atau kadar minyak berlebih yang menyebabkan kelembapan di kulit kepala.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Nah, untuk itulah dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami sebagai berikut ini:

1. Air Cuka

Cara menghilangkan ketombe secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan air cuka. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama campurkan ½ cangkir air hangat dan ½ cangkir cuka putih.
  • Lalu oleskan ke rambut yang basah secara merata.
  • Berikan pijatan ringan pada bagian kulit kepala yang berketombe.
  • Diamkan selama beberapa menit dan bilaslah dengan air dingin hingga bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal lakukan cara ini 1-2 minggu sekali tergantung seberapa parah kondisi ketombe.

2. Minyak Zaitun

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Seperti yang diketahui bahwa minyak zaitun ini sangat terkenal sebagai bahan alami yang banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya untuk mengatasi ketombe.

Caranya juga sangat mudah, anda hanya perlu memijat area-area yang berketombe, lalu membiarkannya selama 10 jam. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun ini sebelum tidur dan membilasnya di pagi hari.

Baca juga: Mau Tau Cara Menghilangkan Flek Hitam Diwajah? Yuk, Kita Kepoin

3. Minyak Kelapa dan Jus Lemon

Dipercaya lemon memiliki kandungan anti jamur yang bisa menghilangkan jamur-jamur penyebab ketombe. Caranya adalah tuangkan campuran lemon dan minyak kelapa pada kulit kepala. Lalu pijatlah sampai merata, supaya membantu kulit kepala menyerap campuran tersebut dengan baik. Lakukan cara ini secara teratur untuk membantu mempercepat hilangnya ketombe.

4. Lidah Buaya

Selain untuk menyuburkan rambut, ternyata lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya adalah, potonglah tumbuhan lidah buaya hingga mengeluarkan gel.

Lalu gosokkan potongan tersebut langsung mengenai kulit kepala. Aroma sejuknya bisa membantu menenangkan sel-sel saraf di kulit kepala serta membasmi jamur penyebab ketombe, dan meluruhkan ketombe hingga mudah dibersihkan dengan shampo.

Selain dengan cara di atas anda juga bisa menggunakan bahan alaminya lainnya seperti garam, tea tree oil, dan lain sebagainya. Demikianlah artikel tentang perawatan rambut kali ini semoga bermanfaat.

Baca juga: Ini Dia Cara Efektif Untuk Mengatasi Kulit Kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *