5 Tips Cara Tidur Sehat

Bagaimanakah teknik tidur yang baik guna kesehatan? Menjawab pertanyaan tersebut, simak sejumlah tipsnya berikut ini.

  • Tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari

Tidur

Salah satu kunci guna bebas dari gangguan tidur layaknya insomnia ialah tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya, bahkan ketika akhir pekan, cuti, atau liburan. Langkah ini dapat menolong tubuh mengenali dan terbiasa dengan jam istirahat yang ada, sehingga menolong Anda guna lebih cepat terlelap (atau bangun) saat waktunya tiba.

  • Siapkan diri sebelum tidur

Siapkan-diri-sebelum-tidur

Tidur yang baik guna kesehatan adalah ketika istirahat Anda pulas berkualitas. Anda butuh merasa santai dan tenang supaya dapat istirahat dengan pulas. Anda pun perlu mengurangi kegiatan beberapa jam sebelum tidur sebab tubuh butuh tahu bahwa sebentar lagi ialah waktunya guna beristirahat.

Oleh karena itu, tak terdapat salahnya mengerjakan ritual relaksasi saat sebelum naik ranjang, contohnya dengan meredupkan lampu, menyetel musik slow, menyimak buku, atau minum susu hangat.

Bagi Anda, terutama yang merasakan insomnia, matikan perangkat elektronik layaknya TV, HP, maupun laptop, sebab cahaya yang terbit dari layarnya menciptakan otak tetap aktif.

  • Hindari istirahat siang

Istirahat-yang-cukup

Tidur siang sebetulnya dapat menolong menyegarkan benak dan tubuh yang penat usai beraktivitas pagi sampai siang. Tapi kalau justru menciptakan Anda terkendala saat akan tidur ketika malam, maka tidak boleh lakukan. Dan bila Anda mengantuk di siang hari dan darurat harus tidur, maka batasi jam tidurnya 10-30 menit saja.

  • Olahraga setiap hari

Olahraga-pagi

Olahraga atau kegiatan yang intens dapat membuat tubuh keletihan sehingga menolong Anda terlelap lebih cepat saat malam tiba. Para berpengalaman dari Northwestern University’s Department of Neurobiology and Physiology mengadukan bahwa partisipan yang rutin mengerjakan aerobik 4 kali seminggu merasakan peningkatan dalam kualitas tidurnya.

Bahkan latihan ringan sekalipun masih lebih baik ketimbang tidak berolahraga sama sekali. Yang urgen adalah, hindari berolahraga 4 jam sebelum istirahat malam supaya momen tidur tak terganggu nantinya

  • Amati kamar istirahat Anda

tidur-setelah-sahur

Apakah nuansa kamar sudah menyokong Anda guna beristirahat dengan maksimal? Agar tidur dapat nyenyak, suhu kamar usahakan dijaga supaya tetap sejuk. Temperatur kamar yang terlampau panas atau hangat dapat mengganggu kenyenyakan beristirahat. Kamar istirahat usahakan jauh dari suara berisik atau penyinaran yang terlampau terang.

Tak melulu itu, terdapat baiknya Anda pun tidak menempatkan TV atau benda elektronik dalam kamar. Gunakan kamar untuk beristirahat saja. Jangan pula membiasakan santap atau bekerja di atas ranjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *