Manfaat Air Kelapa Hijau Sebagai Bahan Minuman

Beritanakmuda.com – Jika berbicara tentang kelapa hijau, sudah pasti berhubungan erat dengan manfaat air kelapa hijau bagi kesehatan. Sejauh ini, memang yang alami adalah yang terbaik bagi kesehatan kita semua.

Terlebih air kelapa muda ini yang memiliki kandungan sodium dan kalium tinggi, manfaatnya juga membuat tubuh mendapatkan kembali cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas ringan atau berat.

Di bawah ini akan diulas secara singkat dan detail mengenai manfaat dari air kelapa hijau ini jika bercampur sebagai bahan minuman.

1. Pencegah Dehidrasi

Sudah tentu fungsi dari air kelapa apapun termasuk yang kelapa hijau adalah sebagai pencegah dehidrasi. Kandungan sodium dan kalium ini berperan penting untuk tubuh sebagai pencegah dehidrasi saat tubuh sudah melakukan aktivitas berat.

Dengan mencampur air kelapa sebagai bahan minuman, minuman yang dihasilkan juga sedikit banyak akan berfungsi serupa dengan air kelapa murni.

Yang paling penting diperhatikan adalah tidak terlalu banyak mencampurkan gula saat air kelapa muda ini menjadi bahan minuman.

2. Mengatasi Penyakit Diabetes

Nah, poin dua ini berhubungan erat dengan poin pertama dalam hal penggunaan gula. Mengapa tidak boleh menggunakan banyak campuran gula pada minuman isotonik? Salah satu penyebabnya adalah untuk mencegah penyakit diabetes.

Kandungan gula akan mengacaukan kadar gula darah dalam tubuh. Jika Anda memiliki penyakit diabetes, ada baiknya Anda rutin mengkonsumsi minuman isotonik dengan air kelapa hijau agar tidak kambuh.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Minuman dengan bahan dasar air kelapa hijau memiliki kalium yang tinggi. Kalium ini berfungsi menurunkan tekanan darah.

Dengan menjaga tekanan darah Anda maka sudah pasti Anda dapat juga memelihara ginjal, secara tidak langsung.

Ginjal adalah tempat dimana banyak pembuluh darah. Semakin rendah tekanan darah maka semakin baik pembuluh darah di ginjal Anda.

Jadi, tidak ada salahnya manfaat air kelapa hijau yang ketiga ini, Anda gunakan untuk menjaga organ dalam Anda.

Baca juga: Mau Tau Cara Mengatasi Wajah Berminyak? Ini Jawabannya

4. Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal adalah proses pembekuan mineral pada ginjal berbentuk seperti kerikil, besarnya tergantung berapa lama proses pengapurannya.

Manfaat minuman berbahan air kelapa muda di sini memberikan peran penting.

Air kelapa hijau membuat kristal-kristal pembentuk batu ginjal tidak menempel pada ginjal maupun saluran kemih lainnya.

Selain itu, jumlah kristal di saluran kemih pun akan berkurang dengan rutinnya Anda meminum minuman berbahan air kelapa hijau.

5. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Air kelapa muda biasa atau kelapa hijau memiliki kandungan alami magnesium. Dimana magnesium ini dapat membantu meningkatkan sensitivitas dari insulin untuk mengurangi atau paling tidak menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

Untuk menyempurnakan manfaat ini, sampai saat ini masih terus diadakan penelitian terkait hal tersebut. Namun yang pasti, air kelapa hijau atau air kelapa biasa memiliki manfaat dan efek baik untuk darah kita.

Manfaat air kelapa hijau di atas didasarkan pada kandungan yang dimiliki dalam setiap tetes air kelapa dan efek langsung dari kandungan tersebut. Efek samping mengkonsumsi air kelapa hijau hampir tidak ada.

Namun, jika Anda sudah merasa mual maka sebaiknya Anda berhenti sejenak dari konsumsi air kelapa hijau tersebut.

Anda juga dapat berkonsultasi pada dokter Anda terkait rutinitas meminum air kelapa hijau, dikarenakan ada sejumlah fakta bahwa orang dengan riwayat kesehatan tertentu memang tidak diperbolehkan meminum air kelapa apapun itu warna kelapanya.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Asam Urat Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *