4 Makanan Khas Palembang Yang Nikmat Banget, Pernah Coba?

BeritaAnakMuda.com – Tentunya banyak orang yang selalu menanti-nanti datangnya hari liburan. Karena saat hari liburan tiba, kamu bisa meluangkan waktu sejenak setelah sekian lama beraktivitas untuk berkumpul bersama keluarga tercinta atau bahkan pergi ke suatu tempat untuk berekreasi. Apalagi dengan banyaknya tempat wisata di Indonesia yang tersebar di seluruh penjuru negeri, membuat pilihan semakin beragam.

Salah satu tempat yang wajib kamu masukkan ke dalam destinasi wisata adalah Kota Palembang. Tak hanya memiliki banyak tempat menarik, Kota Palembang juga sangat terkenal dengan beraneka ragam kulinernya. Berikut beberapa makanan khas Palembang yang wajib kamu ketahui sebelum berkunjung ke kotanya.

1. Lakso

Makanan khas Palembang yang pertama adalah Lakso. Makanan ini mirip dengan burgo, namun lakso ini berbeda dari segi kuahnya. Dimana, berbentuk seperti mie, kuah lakso ini lebih gurih dan kental. Untuk rasa yang lebih nikmat, kamu bisa  menambahkannya dengan bawang goreng. 

Kamu bisa menikmati makanan ini di Warung Aba yang berlokasi di Jl. Dr. M. Isa No.26 /15, Kuto Batu, ilir Tim, II, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Harganya juga sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp 10 ribu per porsi. Tempat makan yang satu ini buka setiap hari mulai pukul 05.00-18.00 WIB.

2. Pindang Ikan

Selain pempek, makanan khas Palembang lainnya yang harus kamu coba ketika berkunjung ke Palembang adalah Pindang Ikan. Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar ikan patin dengan kuah santan dan rasa manis, asam, pedas serta gurih yang sangat lezat dan nikmat.

Adapun spot terbaik untuk mencicipi makanan ini adalah RM Pindang Meranjat di daerah Meranjat. Tepatnya di Jl. Demang Lebar Daun, Lorok Pakjo, ilir Bar I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Tempat ini beroperasi setiap hari mulai pukul 19.30-16.30 WIB. Dengan hanya mengocek uang saku sekitar Rp 30 ribu saja kamu sudah bisa menikmati makanan ini tergantung pada ukuran ikan. 

3. Mie Celor

Mie Celor ini merupakan salah satu menu sarapan populer yang banyak dicari oleh masyarakat di Palembang. Mie Celor ini artinya mie celup yang disajikan dengan kuah kaldu santan kental, lalu ditambah dengan telur rebus dan tauge. Dengan rasanya yang enak dan gurih, dijamin makanan yang satu ini akan bisa memanjakan lidahmu.

Untuk bisa menikmati makanan ini di Palembang, kamu bisa coba mengunjungi Mie Celor 26 ilir Haji Syafe’i yang berada di Jl. Merdeka No. 54, Talang Semut, ilir Bar I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 15 ribu saja.

4. Martabak Palembang

Makanan khas Palembang selanjutnya adalah Martabak Palembang. Dari segi komposisi, Martabak Palembang ini tidak jauh berbeda dengan jenis martabak lainnya yang ada di Indonesia, namun yang membedakan adalah cara penyajiannya saja. Dimana, martabak ini akan lebih nikmat disantap dengan ditambahkan kuah kental kaya rempah dengan beberapa potongan kentang.

Untuk bisa menikmati Martabak Palembang ini, kamu bisa coba mengunjungi Martabak Har (Martabak Haji Abdul Rozak) yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman No. 597A, 18 ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Kedai martabak ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-21.00 WIB. Selain enak harganya juga terjangkau, yakni mulai dari Rp 21 ribu tergantung pada isian martabak tersebut.  

Bagaimana, menarik sekali bukan pilihan makanan khas Palembang di atas? Jangan sampai kunjungan kamu ke Kota Palembang tidak komplit dan terasa sempurna ya karena tidak mencicipi makanan khas Palembang yang legendaris!

Baca juga: Rekomendasi Hotel Murah di Jogja Serta Sarana Transportasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *