News

Mengenal Apa Saja Akibat Pemanasan Global Dan Cara Mencegahnya

Pemanasan global merupakan fenomena berubahnya iklim. Biasanya pemanasan global ditandai peningkatan suhu bumi. Pada jangka panjang, pemanasan global bisa mengubah keseimbangan ekosistem dan cuaca. Dampak pemanasan global terkait dengan meningkatnya jumlah gas yang bisa menyerap dan lalu menjebak panas sinar matahari tetap dalam atmosfer bumi. Sementara cara mencegah adanya pemanasan global ini sangat penting diketahui serta perlu dilakukan. Kalau dibiarkan, maka masalah pemanasan global ini bisa menyebabkan berbagai akibat pemanasan global berbahaya untuk bumi dan para penghuninya. 

Ada beberapa dampak berbahaya pemanasan global yaitu perubahan ekosistem. Hal tersebut bisa menyebabkan kepunahan spesies hewan atau tumbuhan. Bukan hanya itu saja, ada pun dampak lain karena pemanasan global seperti naiknya permukaan laut, dampak sosial, kesehatan manusia, cuaca ekstrem, dan dampak terhadap ekonomi.

Beberapa Akibat Dari Pemanasan Global

Kabar Indonesia sendiri cukup parah untuk segi pemanasan global. Kita harus tahu sejauh mana adanya pemanasan global ini memberikan dampak negatif pada negara kita ini. Untuk musim hujan, baik itu yang lebat dan yang ekstrim cenderung bertambah. 

Meskipun hujan ini sebenarnya hanya sekedar tetesan air saja, tetapi berhubungan dengan pemanasan global. Hujan yang terus menerus di samping bisa menimbulkan genangan, bisa juga akan menimbulkan banjir yang mengganggu keseharian kita. 

Hal lainnya yang bisa terjadi karena akibat pemanasan global yaitu kadar oksigen yang menurun di area khatulistiwa, termasuk juga Indonesia. Dampak hal satu ini lebih parah, dibandingkan dengan kawasan negara yang memiliki empat musim. 

Dalam lautan selama ini ada perbedaan yang diklasifikasikan sesuai kedalamannya, laut akan membuat stratifikasi sendiri. Sementara proses stratifikasi ini bisa membuat oksigen lebih banyak terkonsentrasi pada bagian atas. 

Hasilnya banyak bio massa berupa ganggang dan ikan. Akibatnya maka biota laut dan rantai makanan yang butuh oksigen akan terganggu, ada perbedaan jumlah tidak merata. Dari suhu panas tersebut juga menyerap oksigen permukaan. 

Perubahan seperti ini malah bisa mengganggu kondisi rantai makanan padahal selama ini telah terbentuk dengan baik. Kalau rantai makanan tersebut terganggu, maka akan kacau proses kehidupan. 

Adanya pemanasan global akan berdampak juga kepada kenaikan suhu. Kalau hal ini terjadi, hal yang ditakutkan ialah kurang konsistennya tingakt produktivitas biomassa karena kenaikan suhu. 

Ada pun kondisi yang cukup ditakutkan adalah petani yang seharusnya panen menjadi tidak panen. Tingkat pendapatan yang harusnya mereka genggam bisa lepas karena gagal memanen tersebut. Rantai makanan pun akan menjadi semakin timpang.

Beberapa Cara Untuk Mencegah Dampak Buruk Pemanasan Global

Sebenarnya cukup mudah untuk kita mencegah pemanasan global ini. Diperlukan kontribusi serta kerja sama untuk melakukannya. Maka dari itu, perlu ada kesadaran secara bersama untuk mengubah kebiasaan untuk menjadi cara mencegah parahnya pemanasan global. Berikut ini beberapa langkah untuk bisa kalian lakukan agar turut serta meminimalisir dampak dari efek pemanasan global:

  • Melakukan konservasi lingkungan, bisa dengan melakukan reboisasi, menanam pohon serta penghijauan lahan yang kritis.
  • Memakai energi dari sumber energi alternatif, bisa dari energi matahari, air, bio-energy dan angin agar mengurangi pemakaian energi fosil yaitu batu bara dan minyak bumi.
  • Melakukan efisiensi energi dan daur ulang
  • Melakukan upaya pendidikan atau sosialisasi kepada masyarakat secara luas dengan memberi pemahaman dan juga penerapan mencegah pemanasan global.

Demikian saja dan semoga kita semua bisa mengurangi tingkat pemanasan global tersebut.

Vivian Ningrum

Share
Published by
Vivian Ningrum

Recent Posts

Kapan Batas Waktu Sholat Maghrib? Ini Pendapat Para Ulama!

Sholat Maghrib adalah salah satu dari lima sholat wajib yang harus dilaksanakan oleh umat Muslim…

40 menit ago

9 Lagu Terbaik Billie Eilish, Ada Ocean Eyes!

Billie Eilish adalah salah satu penyanyi dan penulis lagu yang paling terkenal saat ini. Lahir…

1 minggu ago

6 Film Terbaik Dakota Fanning, Ada War Of The Worlds!

Dakota Fanning adalah salah satu aktris paling berbakat di Hollywood, yang telah memikat penonton sejak…

2 minggu ago

4 Cara Mengobati Bisul di Pantat, Hindari Kebiasaan Buruk!

Bisul di pantat memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat duduk. Penyakit kulit ini disebabkan…

2 minggu ago

Film Terbaik Joaquin Phoenix, Ada Joker!

Joaquin Phoenix, aktor berbakat yang dikenal karena kemampuannya untuk menjiwai peran-peran kompleks, telah berhasil mencuri…

3 minggu ago

10 Film Semi Genre Komedi Terbaik, Ada Friends with Benefits!

Film semi genre komedi memang memiliki daya tarik tersendiri. Kombinasi antara humor yang mengundang tawa…

3 minggu ago