Doa Paling Sempurna Untuk Pengantin Baru

Menikah merupakan salah satu ibadah kepada Allah SWT. Kedua mempelai pengantin pastinya berharap selalu ada dalam ridha Allah SWT. Begitu juga keluarga dari kedua calon mempelai pastinya memiliki keinginan yang seperti itu juga. Merasa gembira dan bahagia dihati akan dirasakan oleh mereka kedua mempelai berserta keluarganya, bahkan mereka sering disebut sebagai raja sehari. Bukan perkara mudah untuk menyatukan dua hati insan manusia. Terwujudnya semua itu hanya atas pertolongan-Nya. Maka dari itu kita sebagai saksi atau tamu undangan pernikahan harus memberikan doa pernikahan untuk pengantin baru agar kehidupan rumah tangga mereka menjadi berkah.

Saat diundang oleh teman, karib kerabat, saudara, atau siapa saja. Biasanya kita akan diminta untuk memberikan doa restu kepada mempelai pria dan wanita. Dalam prakteknya terkadang ditemukannya ucapan, “Selamat menempuh hidup baru ya”, “selamat ya”, “selamat berbahagia”. Memang tidak salah memberi ucapan yang seperti itu. Tetapi adanya bacaan doa yang diajarkan oleh suri tauladan kita Nabi Muhammad SAW. 

Doa untuk pengantin juga termasuk amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Selain itu juga rasanya sudah lengkap saat menghadiri undangan pernikahan menghiasinya dengan ucapan selamat menikah serta doa doa terbaik untuk kedua mempelai pengantin. 

Doa Pernikahan untuk Pengantin Baru

Diantara doa yang seringkali didengar diucapkan dalam momen sakral pada pernikahan adanya doa paling sempurna menurut Islam yang tepat diberikan untuk kedua mempelai. Doa pernikahan tersebut harus diucapkan dengan lengkap dalam walimatul ursy secara islami. 

Untuk mengucapkannya sangatlah mudah yaitu : 

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fiil Khairin

Artinya, “Semoga Allah memberi berkah kepadamu dan atasmu serta mengumpulkan kamu berdua (pengantin laki laki dan perempuan) dalam kebaikan.”

Doa diatas dibaca setelah selesainya akad nikah. Banyak maksud yang terkandung dalam doa untuk pengantin baru diatas. Diantaranya ada harapan keberkahan dalam kehidupan rumah tangganya nanti. Kemudian ada harapan supaya Allah SWT dapat mengumpulkan keduanya dalam ketaatan, kesejahteraan, sehat, setia, selamat, serta keturunan yang sholih dan sholihah. Mulai saat ini saat kamu mendapat undangan untuk menghadiri pernikahan, maka bisa mengucapkan doa diatas. 

Baca Juga : Ini Doa Yang Tepat Untuk Pengantin Baru, Bukan Samawa

Hal-hal yang  diperhatikan jika mendapatkan undangan pernikahan

Setelah berjalannya bulan Syawal, akan berdatangannya undangan pernikahan atau walimatul urs. Undangan pernikahan menghampiri silih berganti mulai dari undangan tetangga, kakak tingkat, kerabat, hingga teman sejawat. Dan tentang hal ini adanya beberapa hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang saat mendapatkan undangan pernikahan yaitu : 

1. Memenuhi Undangan

Wajib hukumnya bagi seseorang untuk memenuhi undangan pernikahan. Pasalnya Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :

“Jika salah seorang diantara kalian diundang menghadiri acara walimah, maka datangilah” (HR. Bukhari No 5173).
Bahkan orang yang sedang berpuasa sekalipun tetap diawajibkan untuk memenuhi undangan walimah tersebut. 

2. Mendoakan Keberkahan Bagi Pengantin Pria Dan Wanita

Adanya beberapa lafazh doa yang dianjurkan untuk dibaca untuk pengantin. Tetapi diantara doa tersebut yang sudah tidak asing ditelinga adalah doa yang ada dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu. 

3. Mendoakan Orang Yang Mengundang Setelah Selesai Makan 

Salah satu sunnah yang sering dilupakan saat menghadiri undangan pernikahan adalah mendoakan orang yang mengundang setelah selesai makan. Diantara doanya yang bisa dibaca “Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa apa yang Engkau karuniakan kepada mereka” (HR. Ahmad IV/187-188)

Baca Juga : Kumpulan Ucapan Ulang Tahun untuk Mantan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *