Kata-Kata Bijak Tentang Cinta

Cinta merupakan sebuah anugerah dari tuhan pada semua makhluknya. Berbagai macam kata-kata bijak tentang cinta telah tersebar dengan berbagai macam relevansinya. Sayangnya masih saja ada yang terjebak dalam retorika cinta yang pada dasarnya tak pernah berubah dari zaman dahulu hingga masa kini.

Cinta tak pernah lepas dari berbagai macam faktor yang sebenarnya bisa dijelaskan dengan alasan yang mudah. Sayangnya orang yang sedang dimabuk asmara sepertinya tidak terlalu bisa berpikir secara rasional dan lebih mengedepankan perasaannya yang tidak memiliki dasar empiris sama sekali.

Kesalahpahaman Dalam Bermain Cinta

pinterest-quote-of-love

Cinta seringkali menyerang manusia pada usia remaja dan dewasa, tak ada bedanya dengan dimabuk cinta pada saat smp dengan dimabuk cinta saat usia 45 tahunan. Cinta dapat membuat manusia merasa energik dan lupa dengan lingkungan sekitarnya. Semua perhatian hanya tercurah pada hal yang dicintai tak hanya sesama manusia saja.

Ada kata-kata bijak tentang cinta yang pernah berkata bahwa cinta tak bisa logika, sayangnya hal tersebut adalah sebuah gombalan yang biasa digunakan oleh para bangsawan pada zaman dahulu untuk bisa menyetubuhi pelayannya yang memiliki paras cantik. Cinta selalu memiliki alasan, hanya saja orang yang terserang cinta malas untuk mencari tahu kenapa ia mencinta.

Sebagai satu contoh ada pula kata-kata bijak tentang cinta yang tidak memiliki relevansi sama sekali dalam kehidupan adalah cinta pada pandangan pertama. Perasaan cinta dan perasaan tertarik secara seksual tak pernah bisa dipisahkan satu sama lain. Cinta pandangan pertama selalu memiliki alasan penampilan.

Cinta Adalah Propaganda

pinterest-love-aesthetic

Cinta saat ini telah menjadi sebuah alat propaganda yang disebarluaskan oleh pihak berkepentingan. Salah satunya adalah organisasi islam radikal yang mengatasnamakan cinta untuk melakukan pernikahan diusia yang belum matang secara psikologis. Organisasi ini sudah dilarang di indonesia namun masih tetap beroperasi.

Berbagai macam kata-kata indah dirangkai untuk menarik manusia muda dalam perangkap propaganda cinta. Salah satu contoh adalah “jika cinta yang anda lakukan akan membuatmu dekat pada tuhan maka lanjutkanlah”, kurang lebih seperti itu. Sebuah kata yang dirangkai dengan indah dan diberi background pemandangan, instagramable sekali.

Mayoritas orang yang sedang dimabuk asmara pasti akan terperangkap dalam kalimat tersebut. Atau para manusia muda yang masih ragu dan belum memiliki pijakan yang kuat dalam hidupnya untuk menemukan arah kehidupannya mau kemana. Cinta adalah sebuah propaganda yang kuat.

Tak hanya untuk organisasi islam radikal, cinta juga digunakan oleh organisasi yang mengatasnamakan cinta alam sebagai slogannya. Padahal nyatanya banyak organisasi misalnya penyelamat satwa langka dan sebagainya adalah salah satu media untuk pencucian uang yang sangat aman.

Tulus Mencintai Seperlunya

pinterest-love

Cinta memang harus dilakukan dengan tulus dan apa adanya, namun anda juga harus melakukan ketulusan itu seperlunya. Anda tidak bisa memaksakan ketulusan tersebut untuk bertahan selamanya. Ketika kedua insan tak bisa lagi bersama karena perbedaan pandangan misalnya, perpisahan adalah jalan paling bijak untuk diambil.

Jangan pernah mempertahankan cinta mati-matian karena nyawa anda jauh lebih berharga dari cinta yang anda rasakan. Rasa cinta yang berlebihan tak ada bedanya dengan fanatisme buta yang banyak meracuni manusia. Dan rasa fanatisme yang berlebihan tersebut dapat merusak dunia, bahkan cinta bisa menghancurkan dunia bukan.

Jika anda memiliki pasangan, mencintainya dengan tulus adalah hal yang baik. Namun jangan sampai ketulusan anda kebablasan dan membutakan mata anda dari logika berpikir yang sehat. Jika bisa diukur dengan persentase, jangan pernah mencintai sesuatu hingga 100 persen, 80 persen saja sudah cukup.

Baca juga : 5 UCAPAN SELAMAT MALAM ROMANTIS UNTUK PASANGAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *