5 Emulator Android Ringan Yang Terbaik

Sekarang ini kebutuhan para gamer akan emulator bukan menjadi pertanyaan lagi. Meski game HP diperuntukkan khusus untuk HP, tetapi adanya rasa kompetitif pada beberapa permainan mendorong orang untuk mencari software tertentu untuk bisa dimainkan secara benefit tersendiri bagi para pengguna emulator. Jika saat ini kamu sedang mencari emulator android terbaik yang ringan, maka berikut di bawah ini rekomendasi beberapa emulator diantaranya, yaitu: 

1. Genymotion

Genymotion yang memiliki penampilan cukup ekstetik dan digarap secara matang ini bisa menjadi pilihan bagi mereka yang bekerja dibidang professional. Memang emulator android yang satu ini sepertinya tidak menyasar pada Casual Users. Selain tidak gratis, bisa dibilang harga software ini cukup mahal. Software dengan harga $136/tahun ini diperuntukkan bagi para developer atau para pekerja professional yang memang memerlukan software di bidangnya. Tetapi tidak dianjurkan bagi mereka yang hanya fokus bermain game saja, karena kelengkapan fitur pada software ini sangat ramah bagi para developer.

2. Android Studio

Android Studio dikembangkan sebagai IDE atau Integrated Development Environment, yaitu software untuk membantu menciptakan sebuah software lainnya. Android Studio ini tentunya berbeda dengan Genymotion, karena Android Studio sendiri adalah software resmi keluaran Google. Untuk bisa menjalankan Android Studio ini memang tidak mudah karena diperlukannya melalui beberapa proses. Memang fitur bawaan yang ditawarkan Android Studio ini tidak selengkap Genymotion, tetapi karena harganya yang gratis dan juga lumayan lengkap fitur tambahannya, sehingg menyebabkan banyaknya pengembang yang menggunakan software ini.

3. Remix OS 

Konsep emulator Android yang diusung Remix OS justru cukup berbeda jika dibandingkan dengan emulator Android pada umumnya. Di mana biasanya emulator tersebut dijalankan pada sebuah operating system. Tetapi pada Remix OS dirinya sendirilah yang akan menjadi sebuah operating system tersebut. Sistem operasi tersebut memiliki penampilan seperti Android dan juga dilengkapi fitur fitur seperti yang ada pada Android. Jika kamu mulai merasa bosan dengan windows dan ingin melihat komputer milikmu terlihat seperti Android yang penuh dengan aplikasi, maka kamu bisa meng-install Remix OS. Tetapi Remix OS ini tidak dianjurkan untuk melakukan game game yang berat. 

4. ARChons

ARChons ini tentunya berbeda dengan Android Studio dan Remix OS, karena ARChons ini memiliki konsep emulator pada Chrome. Jadi software ini sendiri bentuknya itu seperti extension sendiri yang lahir pertama kali saat google memutuskan untuk menambahkan aplikasi pendukungnya pada browser Google Chrome. Akhirnya seorang pengembang dari forum GitHub menciptakan ARChons dengan tujuan untuk menjalankan seluruh aplikasi android yang ada di Google Chrome. 

5. Bliss

Bliss yang menjadi salah satu emulator yang ada di PC ini memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan emulator lainnya. Bliss tidak hanya hadir dengan Playstore bawaan yang akan mempermudah kamu saat meng-install aplikasi saja, karena emulator Android tersebut juga hadir dengan update yang tidak jarang dan masih di-support hingga sekarang. Meski begitu, Bliss juga sudah mendukung dual boot, sehingga kamu bisa menggunakan windows milikmu dan berganti dengan Bliss sebagai OS tampilan Android. 

Itulah 5 emulator Android ringan yang terbaik, di mana masing-masingnya itu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dari kelima emulator Android ringan terbaik di atas, mana yang menurutmu paling bagus? Pastinya di dalam memilih Android emulator, kamu harus menyesuaikannya dengan kebutuhan. Karena memang beberapa emulator diciptakan khusus hanya untuk suatu fungsi.

Baca juga: Berikut Rekomendasi 10 Laptop Gaming Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *