Cara Mengajukan Pinjaman ke Bank BRI, Syarat dan Jenisnya

Beritanakmuda.com – Seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan, terkadang diperlukannya pengajuan pinjaman uang untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

Untungnya sekarang sudah tersedianya produk pinjaman uang dari Bank BRI yang semakin banyak dan mudah diajukan.

Berikut dibawah ini akan dijelaskannya syarat dan cara mudah untuk mendapatkan pinjaman Bank BRI terbaru tahun 2020.

Sebenarnya syarat dan cara mengajukan pinjaman ke bank BRI itu sangatlah mudah. Kamu hanya perlu pergi ke kantor cabang Bank BRI terdekat dari lingkungan tempat tinggalmu.

Sedangkan untuk syaratnya terbagi atas syarat umum yang berlaku bagi semua jenis pinjaman yang disediakan BRI. Serta adanya syarat khusus yang hanya berlaku bagi sebagian jenis pinjaman Bank BRI.

Berikut dibawah ini syarat umum mengajukan pinjaman ke Bank BRI diantaranya yaitu:

  1. Mengisi dengan lengkap formulir pengajuan pinjaman Bank BRI.
  2. Membuka terlebih dahulu rekening BRItama.
  3. Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah.
  4. Mengajukan pinjaman berdasarkan domisili tempat tinggal.
  5. Melampirkan dokumen secara lengkap mulai dari fotocopy KTP, KK, NPWP, pas foto suami dan istri yang terbaru, surat keterangan gaji, dan yang lainnya.

Tetapi sebelum kamu mengetahui syarat dan cara mudah mendapatkan pinjaman Bank BRI, ketahui dan pahami terlebih dahulu beberapa jenis pinjaman yang disediakan Bank BRI.

Berikut dibawah ini beberapa jenis pinjaman dari BRi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan diantaranya yaitu:

1. KPR BRI

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BRI merupakan produk pinjaman yang berlaku bagi mereka yang memiliki hunian dari berbagai jenis seperti rumah, ruko, apartemen, condotel, dan rukan.

2. KPRS BRI

Jika KPR BRI merupakan pinjaman bagi kepemilikan hunian yang bersifat umum, maka KPRS BRI hanya berlaku bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan penghasilan kurang dari Rp. 4 juta per bulan.

Keuntungan dari mengajukan kredit ini adalah jangka waktu cicilannya itu hingga 20 tahun.

3. KKB Mobil Bekas dan Baru

Ada juga pinjaman Bank BRI berupa Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) untuk pemilikan mobil bekas ataupun baru. Seluruh jenis KKB dari Bank BRI ini memiliki keunggulan bebas biaya provisi.

Syarat untuk mengajukan pinjaman Bank BRI ini adalah hanya berlaku bagi WNI yang paham hokum.

4. KKB BRI Refinancing

Pinjaman jenis ini memungkinkan kamu bisa mendapatkan dana cepat dengan menggunakan kendaraan bermotor yang dimilikinya sebagai agunannya.

Selain itu juga KKB ini bebas biaya provisi dan tidak ada syarat khusus yang harus dilengkapi.

5. KKB Motor Premium

Bank BRI juga menyediakan pinjaman untuk memiliki motor mewah. Melalui pinjaman ini kamu akan dimudahkan untuk mendapatkan motor idaman tanpa harus memikirkan biaya provisi.

Selain itu juga tidak adanya syarat khusus yang harus dilengkapi selama kamu memiliki penghasilan yang sesuai atau dirasa akan mampu membayar tagihan KBB motor ini.

6. BRIguna Karya

Pinjaman BRIguna Karya ini merupakan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang diberikan bagi para nasabah yang memiliki gaji tetap.

Sehingga sumber pembayarannya itu berasal dari penghasilan tersebut. Kamu bisa menggunakan jenis pinjaman ini untuk berbagai keperluan. Syarat dan cara untuk bisa mendapatakan pinjaman jenis ini adalah sangatlah mudah.

Kamu tinggal melengkapi identitas diri yang diperlukan seperti KTP, NPWP, Kartu Keluarga, Asli SK Pengangkatan Pertama dan SK Terakhir, slip gaji, fotocopy buku tabungan BRI, pas photo suami atau istri (bagi mereka yang sudah menikah), Surat Rekomendasi dari atasan debitur, dan juga Form Permohonan Pengajuan Pinjaman.

7. BRIguna Purna

Jika BRIguna Karya mengambil sumber pembayaran kreditnya itu dari gaji tetap bulanan, maka BRIguna Purna dikhususkan bagi mereka yang sudah pensiun.

Sehingga pembayarannya itu akan diambil dari dana pensiun yang diperoleh tetap setiap bulannya. Besaran kredit yang bisa didapatkan akan disesuaikan dengan kemampuan membayar debitur.

Cukup dengan menyerahkan SK Pensiun asli dan Kartu Identitas Pensiun hingga kredit debitur yang bersangkutan lunas.

Baca juga: Deretan Merk HP Gaming Terbaik Yang Wajib Kamu Beli

8. BRIguna Umum

Pinjaman BRIGuna Umum ini merupakan produk KTA yang mengambil sumber pembayaran dari gaji bulanan sejak nasabah aktif pegawai aktif hingga masa pensiun nanti.

Syarat dan cara untuk bisa mendapatkan pinjaman Bank BRI ini sangat mudah. Hanya perlu melengkapi syarat umum dan SK Pensiun seperti pengajuan Briguna Purna.

9. BRIgina Pendidikan

Briguna Pendidikan merupakan pinjaman khusus untuk para nasabah yang memiliki keperluan ingin melanjutkan kuliah tingkat S2 dan S3, tetapi sudah memiliki penghasilan tetap.

10. KUR

KUR atau Kredit Usaha Mikro (KUR) dari BRI ini diperuntukkan bagi mereka para pengusaha yang membutuhkan modal kerja ataupun kredit investasi.

Batas atas kredit yang bisa didapat hingga Rp. 500 juta, dan plafond hingga Rp. 25 juta per debitur. Jenis pinjaman ini berlaku bagi usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi dengan bisnis produktif yang akan mendapat jaminan dari Perusahaan Penjamin.

Sedangkan persyaratan administrasinya meliputi identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan Surat Ijin Usaha.

11. Kupedes

Jenis pinjaman Kupedes ini memberikan kredit umum bagi berbagai keperluan dari badan usaha ataupun perorangan. Jenis pinjaman dari Bank BRI ini memiliki keunggulan berupa besaran bunga yang dapat bersaing.

Syarat dan cara untuk bisa mendapatkan jenis pinjaman ini adalah dengan melampirkan legalitas usaha (Minimal Surat Keterangan Usaha dari Kepala Desa/Lurah/Pasar), KTP atau SIM, dan juga sudah memiliki pengalaman usaha minimal 1 tahun.

12. Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja ini merupakan produk pinjaman dari BRI yang dapat digunakan sebagai dana opersional usaha. Mulai dari pengadaan bahan baku, proses produksi, hingga piutang dan juga persediaan.

13. Kredit Investasi

Kredit investasi ini diperuntukkan untuk membiayai kebutuhan barang modal terkait dengan produk investasi, kredit yang diberikan biasanya dalam bentuk valuta rupiah.

14. Kredit Pangan

Kredit Pangan merupakan kredit investasi dan atau modal kerja komersil khusus dalam bidang pangan yang diberikan dalam rangka untuk mendukung kedaulatan pangan serta kemaritiman di Indonesia.

Saat akan mengajukan jenis pinjaman ini harus disertai dengan penyertaan lama usaha, berkas berkas legalitas usaha seperti SIUP, Akta Pendirian, TDP, SITU, IUMK, berkas berkas identitas diri sebagai calon debitur, dan lainnya.

15. Resi Gudang

Resi Gudang merupakan jenis pinjaman dari BRI yang diperuntukkan bagi mereka para petani, Kelompok Tani, Gapoktan, dan Koperasi.

Dalam jangka waktu maksimum 6 tahun, Plafon Maksimum dari nilai resi gudang 70 %, bunga efektif 6 % per tahun.

Cara untuk bisa mendapatkan jenis pinjaman ini adalah dengan mengisi formulir pengajuan pinjaman, SIUP, daftar anggota petani, dan lainnya.

16. Kredit Kemitraan

Kredit Kemitraan ini merupakan Dana Program Kemitraan untuk membiayai modal kerja dan atau pembelian aktiva tetap dalam upaya meningkatkan produksi dan penjualan. Jenis pinjaman BRI ini dapat diajukan melalui kantor cabang terdekat.

Itulah beberapa cara mengajukan pinjaman ke Bank BRI, syarat dan juga jenis-jenisnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untukmu yang ingin mengajukan pinjaman ke BRI ya. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Download Video di Facebook Menggunakan Aplikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *