Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Terhubung

Advertisements
Dalam era digital saat ini, koneksi internet menjadi kebutuhan pokok bagi hampir semua orang. Wifi menjadi salah satu sumber koneksi internet yang paling banyak digunakan. Namun, terkadang kita lupa password wifi yang sudah pernah kita hubungkan sebelumnya. Untuk itu, berikut ini adalah cara melihat password wifi yang sudah terhubung.

1. Melalui Android

Untuk melihat password wifi yang tersimpan, Anda perlu mengakses menu pengaturan di smartphone Android Anda. Dari menu pengaturan, cari dan pilih opsi ‘Wifi’. Setelah itu, Anda akan melihat daftar jaringan wifi yang pernah terhubung dengan smartphone Anda. Pilih jaringan wifi yang passwordnya ingin Anda lihat, kemudian tekan dan tahan sampai muncul beberapa opsi. Pilih opsi ‘Lihat detail jaringan’. Setelah memilih opsi tersebut, Anda akan melihat beberapa informasi tentang jaringan wifi tersebut, termasuk passwordnya. Password biasanya ditampilkan di bagian ‘Kunci keamanan jaringan’. Jika password tidak ditampilkan, mungkin smartphone Anda tidak mendukung fitur ini. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat password wifi.

2. Melalui Windows

BACA JUGA : 7 Contoh Caption TikTok Singkat yang Keren Pertama, Anda perlu membuka Control Panel. Anda dapat melakukannya dengan mengetikkan ‘Control Panel’ di kotak pencarian yang ada di bagian bawah layar dan kemudian klik pada hasil pencarian tersebut. Setelah Control Panel terbuka, Anda akan melihat berbagai opsi. Dari daftar opsi tersebut, pilih ‘Network and Internet’. Setelah Anda memilih ‘Network and Internet’, Anda akan diarahkan ke halaman baru. Di halaman ini, pilih ‘Network and Sharing Center’. Halaman ‘Network and Sharing Center’ akan menampilkan daftar semua jaringan yang pernah Anda hubungkan. Cari jaringan wifi yang passwordnya ingin Anda lihat, kemudian klik pada nama jaringan tersebut. Setelah Anda mengklik nama jaringan, akan muncul jendela baru yang menampilkan detail jaringan. Di bagian bawah jendela ini, Anda akan melihat opsi ‘Wireless Properties’. Klik pada opsi ini untuk melanjutkan. Dalam jendela ‘Wireless Properties’, Anda akan melihat dua tab, yaitu ‘Connection’ dan ‘Security’. Pilih tab ‘Security’ untuk melihat password wifi. Di bawah tab ‘Security’, Anda akan melihat opsi ‘Show characters’. Centang kotak di sebelah opsi ini untuk melihat password wifi yang sudah terhubung. Dengan memahami cara melihat password wifi yang sudah terhubung, Anda tidak perlu khawatir lagi jika suatu saat lupa password. Anda dapat dengan mudah melihatnya kembali dan tetap terhubung dengan jaringan internet. Namun, ingatlah untuk selalu menggunakan jaringan internet dengan bijak dan bertanggung jawab. BACA JUGA : Panduan Membuat Daftar Pustaka di Google Docs
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *