General

Beberapa Cara Mengurangi Efek Buruk Dari Pemanasan Global

Anda bisa melakukan upaya-upaya yang kecil tetapi berdampak besar untuk mencegah parahnya pemanasan global. Sehingga bisa membantu setidaknya memperlambat dampak pemanasan global tersebut. 

Mulailah tanamkan beberapa kebiasaan di bawah ini dari sendiri dulu dan ajaklah orang-orang terdekat melakukannya. Dengan seperti itu, kesadaran masyarakat akan pemanasan global mampu ditingkatkan.Berikut ini beberapa caranya. 

Penggunaan energi terbarukan

Ada salah satu cara agar bisa mencegah dampak dari pemanasan global yaitu mengurangi atau bahkan tidak memakai energi fosil. Energi seperti itu termasuk BBM sehingga perlu dikurangi penggunaan kendaraan bermotor. Anda bisa mengganti kebutuhan untuk energi sehari-hari memakai berbagai energi yang terbarukan, misalnya seperti berikut ini:

  • Energi dari bio massa
  • Energi menggunakan arus air
  • Energi solar atau sinar matahari
  • Energi dari panas bumi atau geothermal.
  • Energi angin

Tingkat kesadaran masyarakat pada pemanasan global ini bisa dibilang memang semakin tinggi. Bisa dikatakan ada banyak produsen produk-produk yang ramah lingkungan yang kian bertambah. Mendukung dan juga mendorong pemakaian produk-produk dari energi terbarukan, membuat makin banyak pihak produsen yang ingin menghasilkannya. 

Sehingga, untuk masa depan nantinya, Anda bisa makin mudah mendapat berbagai produk ramah lingkungan. Hal ini bisa mencegah masalah pemanasan global.

Memakai transportasi yang hemat energi

Usahakan untuk memakai transportasi umum. Jika tidak, gunakan transportasi yang hemat energi. Kita bisa coba memakai bahan bakar ramah lingkungan karena dapat menjadi cara untuk mencegah dampak negatif pemanasan global. 

Hal satu ini bisa mengurangi emisi CO 2 atau karbondioksida yang merupakan jenis gas yang berbahaya untuk lingkungan. Kalau Anda sulit untuk melakukannya, memakai moda transportasi yang umum bisa menjadi pilihan baik untuk dapat mengurangi asap dari kendaraan-kendaraan jalan raya. 

Jika Anda mempunyai dana lebih, maka kendaraan listrik dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengurangi jumlah emisi karbondioksida.

Lebih hemat air dan energi 

Tak hanya asap knalpot kendaraan yang bisa menyebabkan emisi CO2 meningkat pada lingkungan. Dari AC, pemanas air, lampu, atau pun alat-alat elektronik yang lainnya, juga bisa memengaruhi produksi CO2. 

Memakai produk energi yang terbarukan mungkin tidak dilakukan sebagian besar orang karena sulit akses mendapatkannya. Bisa juga karena harganya lebih mahal. Tetapi ada lagi cara alternatif mencegah dampak dari pemanasan global yang sederhana, yaitu menghemat pemakaian energi dan pemakaian air yang sehari-hari Anda gunakan. 

Ganti bohlam memakai jenis hemat energi, matikan lampu pada saat tak digunakan, memakai pancuran air, memperbaiki air bocor dan sebagainya. Kalau Anda mempunyai rumah dengan penerangan alami, bisa juga menghemat energi karena tidak harus sering menyalakan lampu ketika siang hari. Lakukan selalu berbagai upaya agar bisa menghemat pemakaian energi serta air.

Lestarikan pertanian dan hutan 

Ada lagi cara pencegahan pemanasan global lain yaitu dapat kalian lakukan dengan memakai produk pertanian dan perhutanan secara bijak. Masalah seperti pembalakan hutan perlu dihentikan, pada sisi lain, adanya penghijauan juga perlu ditingkatkan dengan signifikan kalian bisa berpartisipasi untuk gerakan donasi menanam pohon. Uang yang didonasikan dalam gerakan tersebut akan digunakan nantinya untuk menanami pohon di hutan dengan pohon-pohon baru.

Baca Juga : 5 Efek Global Warming Semakin Meningkat

Daur ulang

Dengan mengurangi sampah ialah hal yang tergolong sangat penting untuk mencegah buruknya dampak dari pemanasan global. Di samping berupaya untuk mengurangi sampah, juga bisa anda daur ulang sampah serta barang-barang bekas yang lainnya yang memang masih bisa kembali dimanfaatkan. Itu saja berbagai cara untuk mencegah terjadinya kondisi pemanasan global. 

Vivian Ningrum

Recent Posts

9 Lagu Terbaik Billie Eilish, Ada Ocean Eyes!

Billie Eilish adalah salah satu penyanyi dan penulis lagu yang paling terkenal saat ini. Lahir…

1 minggu ago

6 Film Terbaik Dakota Fanning, Ada War Of The Worlds!

Dakota Fanning adalah salah satu aktris paling berbakat di Hollywood, yang telah memikat penonton sejak…

2 minggu ago

4 Cara Mengobati Bisul di Pantat, Hindari Kebiasaan Buruk!

Bisul di pantat memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat duduk. Penyakit kulit ini disebabkan…

2 minggu ago

Film Terbaik Joaquin Phoenix, Ada Joker!

Joaquin Phoenix, aktor berbakat yang dikenal karena kemampuannya untuk menjiwai peran-peran kompleks, telah berhasil mencuri…

3 minggu ago

10 Film Semi Genre Komedi Terbaik, Ada Friends with Benefits!

Film semi genre komedi memang memiliki daya tarik tersendiri. Kombinasi antara humor yang mengundang tawa…

3 minggu ago

10 Film Leonardo DiCaprio Terbaik, Ada Don’t Look Up!

Leonardo DiCaprio adalah salah satu aktor Hollywood paling dikenal dan dihormati di dunia. Kariernya yang…

3 minggu ago