Tech

AI Ciptakan Bot Minecraft GPT-4 untuk Bermain Game

AI Ciptakan Bot Minecraft GPT-4 untuk Bermain Game

Sumber: The Decoder

Seorang peneliti AI di pembuat chip Nvidia, bekerja dengan beberapa kolega untuk menemukan cara untuk mengatur model Bahasa GPT-4 yang kuat buatan Chat GPT dan semakin banyak aplikasi layanan lainnya, hingga ada pada video game kotak-kotak Minecraft.

Tim Nvidia, termasuk Anima Anandkumar, direktur pembelajaran mesin perusahaan dan seorang profesor di Caltech, membuat bot Minecraft bernama Voyage yang menggunakan GPT-4 untuk memecahkan masalah di dalam game.

Model bahasa menghasilkan tujuan yang membantu agen menjelajahi game, dan kode yang meningkatkan keterampilan bot di game seiring waktu. Jika belum tau apa itu Minecraft dan juga keunggulan dari GPT-4, simak penjelasanya dibawah ini. 

Apa itu Minecraft.

Minecraft adalah sebuah permainan video game sandbox tiga dimensi yang bisa dimainkan oleh satu pemain maupun banyak pemain. Melalui game ini, para pemain dimungkinkan untuk membuat konstruksi dari kubus-kubus 3D untuk membentuk suatu bangunan.

Video game ini dianggap mampu mengasah kreativitas pemainnya dengan mengeksplorasi ide-ide yang dimiliki.

Minecraft pertama kali dirilis pada November 2011. Setelah melalui tahap panjang dalam pengembangan oleh pria asal Swedia, Markus Persson. Pengembangan game tersebut akhirnya diteruskan oleh Mojang Studio, sampai akhirnya diterbitkan.

Perusahaan pengembang game asal Swedia itu, resmi dibeli oleh Microsoftpada November 2014. Kini, Minecraft menjadi salah satu bagian dari Xbox Game. Karena bisa dibilang menjadi salah satu game yang paling laris.

AI ciptakan Bot Minecraft GPT-4.

Sumber: Wired

AI ciptakan bot Minecraft GPT-4 yang dapat mengeksplorasi dan memperluas kemampuannya di dunia game. Berbeda dengan bot lainnya, bot ini pada dasarnya menulis kodenya sendiri melalui coba-coba dan banyak kueri GPT-4. tetapi tidak seperti bot lain, bot ini pada dasarnya menulis kodenya sendiri melalui uji coba dan banyak sekali permintaan GPT-4.

Disebut Voyager, pada eksperimen ini, adalah contoh dari “embodied agent”, yaitu AI yang dapat bergerak dan bertindak secara bebas dan terarah dalam lingkungan yang disimulasikan dalam dunia nyata. AI dan chatbot seperti asisten pribadi yang berfungsi untuk mengerjakan sesuatu, terlebih lagi untuk menjelajahi area yang rumit untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Itulah yang mungkin dapat dilakukan oleh asisten di masa depan, sehingga ada banyak penelitian untuk mengetahui bagaimana mereka dapat melakukan hal tersebut.

Minecraft adalah tempat yang baik untuk menguji hal-hal seperti itu karena merupakan gambaran yang sangat (sangat) mendekati dunia nyata, dengan berbagai macam hal yang kompleks dan sederhana, tetapi cukup rumit serta fleksibel sehingga banyak hal yang dapat dilakukan atau dicoba. Simulator yang dibuat khusus pun sangat bagus, namun memiliki keterbatasannya sendiri.

Keunggulan GPT-4.

GPT-4 atau Generative Pre-trained Transformer 4 merupakan sebuah model bahasa alami yang dikembangkan oleh OpenAl.

Setelah masyarakat dihebohkan dengan kemampuan Chat GPT sebagai sebuah Artificial Intelligence (AI), OpenAI kembali mengumumkan pengembangan AI terbarunya, yakni GPT-4.

Ada beberapa keunggulan dari GPT-4, sebagai berikut:

  1. Input Visual.

GPT-4 dapat menerima permintaan teks dan gambar, memungkinkan pengguna menentukan tugas visi atau bahasa apa pun kepada sistem.

  1. Bisa Dikendalikan.

OpenAI memberikan kemudahan bagi developer untuk membentuk kemampuan AI-nya sehingga dapat memberikan gaya jawaban yang lebih personal.

  1. Proses Pelatihan.

Dasar model GPT-4 dilatih untuk memprediksi kata berikutnya dalam dokumen, dan dilatih menggunakan data yang tersedia untuk umum (seperti data internet) serta data yang telah dilisensikan.

Baca juga: 5 Fitur terbaru WhatsApp Ada Screen share WhatsApp

Vivian Ningrum

Recent Posts

9 Lagu Terbaik Billie Eilish, Ada Ocean Eyes!

Billie Eilish adalah salah satu penyanyi dan penulis lagu yang paling terkenal saat ini. Lahir…

1 minggu ago

6 Film Terbaik Dakota Fanning, Ada War Of The Worlds!

Dakota Fanning adalah salah satu aktris paling berbakat di Hollywood, yang telah memikat penonton sejak…

2 minggu ago

4 Cara Mengobati Bisul di Pantat, Hindari Kebiasaan Buruk!

Bisul di pantat memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat duduk. Penyakit kulit ini disebabkan…

2 minggu ago

Film Terbaik Joaquin Phoenix, Ada Joker!

Joaquin Phoenix, aktor berbakat yang dikenal karena kemampuannya untuk menjiwai peran-peran kompleks, telah berhasil mencuri…

3 minggu ago

10 Film Semi Genre Komedi Terbaik, Ada Friends with Benefits!

Film semi genre komedi memang memiliki daya tarik tersendiri. Kombinasi antara humor yang mengundang tawa…

3 minggu ago

10 Film Leonardo DiCaprio Terbaik, Ada Don’t Look Up!

Leonardo DiCaprio adalah salah satu aktor Hollywood paling dikenal dan dihormati di dunia. Kariernya yang…

3 minggu ago