Tips

Cara Menentukan Target Pasar

Cara Menentukan Target Pasar

Sumber: Enterpreneur club

Target pasar adalah kelompok konsumen yang menjadi fokus utama suatu produk atau layanan. Target pasar mencakup karakteristik demografis, geografis, psikografis, dan perilaku yang mempengaruhi preferensi dan keputusan pembelian kelompok tersebut. Secara garis besar, ada dua cara untuk menentukan target pasar. Yang pertama adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu jauh sebelum merilis produk ke masyarakat. Cara yang kedua adalah dengan beradaftasi dan menganalisa siapa mayoritas konsumen yang menggunakan produk anda. 

Jika anda ingin menggunakan cara yang pertama, berikut langkah-langkah yang perlu anda lakukan:

  • Langkah yang pertama adalah mengidentifikasi mengapa masyarakat mau atau akan tertarik pada produk yang akan anda jual, apa saja fiturnya dan apa manfaatnya untuk konsumen. Cara ini bisa anda lakukan dengan melakukan tes produk. Dengan demikian, anda bisa mengetahui kebutuhan dan manfaat lain dari produk yang anda tawarkan kepada konsumen.

Cobalah anda mengikuti berbagai kegiatan yang bisa menjadi sarana untuk mempromosikan produk anda seperti bazaar. Gunakan momen tersebut untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait kebutuhan target anda. 

  • Langkah yang kedua adalah membuat segmentasi pasar untuk orang-orang yang akan membutuhkan manfaat dari produk yang anda jual, baik dari segi demografi, perilaku (behavioral), geografi, dan psychographic.
  • Langkah yang ketiga adalah melakukan riset pasar untuk mengetahui apa manfaat lain yang diinginkan dari calon pembeli produk anda. Langkah yang keempat adalah melakukan promosi dengan mengarahkan target ke segmentasi yang sudah ditentukan tadi.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang seputar target pasar. Semoga informasi ini ada guna dan manfaatnya, terutama bagi anda sebagai pelaku usaha yang ingin mengembangkan usahanya dengan benar.

Baca juga: 5 Cara Mengelola Bisnis Franchise

Vivian Ningrum

Recent Posts

Kapan Batas Waktu Sholat Maghrib? Ini Pendapat Para Ulama!

Sholat Maghrib adalah salah satu dari lima sholat wajib yang harus dilaksanakan oleh umat Muslim…

47 menit ago

9 Lagu Terbaik Billie Eilish, Ada Ocean Eyes!

Billie Eilish adalah salah satu penyanyi dan penulis lagu yang paling terkenal saat ini. Lahir…

1 minggu ago

6 Film Terbaik Dakota Fanning, Ada War Of The Worlds!

Dakota Fanning adalah salah satu aktris paling berbakat di Hollywood, yang telah memikat penonton sejak…

2 minggu ago

4 Cara Mengobati Bisul di Pantat, Hindari Kebiasaan Buruk!

Bisul di pantat memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat duduk. Penyakit kulit ini disebabkan…

2 minggu ago

Film Terbaik Joaquin Phoenix, Ada Joker!

Joaquin Phoenix, aktor berbakat yang dikenal karena kemampuannya untuk menjiwai peran-peran kompleks, telah berhasil mencuri…

3 minggu ago

10 Film Semi Genre Komedi Terbaik, Ada Friends with Benefits!

Film semi genre komedi memang memiliki daya tarik tersendiri. Kombinasi antara humor yang mengundang tawa…

3 minggu ago