General

Perbedaan CV dan Resume dari Panjang, Konten, dan Penggunaan

beritanakmuda.com – Secara garis besar ada perbedaan karakteristik yang mendasar antara CV dan resume. Namun keduanya sama-sama digunakan sebagai acuan apakah Anda layak diterima di sebuah perusahaan atau tidak.

Perusahaan di Indonesia lebih banyak yang menggunakan CV daripada resume. Namun tren saat ini banyak juga perusahaan yang memberikan syarat kepada para pelamar untuk memberikan resumenya.

Nah, apa saja perbedaan antara resume dan curriculum vitae ini?

Panjang Tulisan

CV berisi berbagai data pribadi dari seorang pelamar kerja yang menunjukkan jenjang pendidikan, pengalaman kerja, skill, prestasi, dan ada juga yang menuliskan pengalaman organisasi di dalamnya.

Dari berbagai data yang harus diisikan dalam CV tersebut, kebanyakan para pelamar bisa menghabiskan lebih dari dua halaman. Apalagi CV harus ditata secara rapi, sehingga bisa menunjukkan secara terstruktur bagaimana perjalanan hidup seorang pelamar kerja, dari jenjang sekolah dasar, kerja, skill, prestasi, dan organisasi yang pernah diikuti.

Sedangkan resume merupakan gambaran singkat yang berisi tulisan secara narasi. Narasi ini menceritakan bagaimana seorang pelamar bisa menunjukkan bahwa kemampuannya lah yang paling layak untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang dilamar.

Dari resume ini biasanya para pelamar cukup dengan satu halaman saja. Resume bukan dinilai dari seberapa panjang penjelasan dalam memberikan gambaran diri, tapi seberapa baik Anda bisa menggambarkan diri dan kemampuan Anda.

Konten CV VS Resume

Resume yang berisi tentang tulisan narasi, memiliki tujuan untuk menggambarkan kemampuan sesuai dengan posisi yang dilamar dalam sebuah perusahaan. Jadi, ketika seseorang melamar untuk posisi pekerjaan yang berbeda, tentunya memiliki resume yang berbeda pula, disesuaikan dengan posisi yang dilamar.

Selain berisi tentang posisi, tentunya resume juga menyertakan seberapa tahu dia terhadap perusahaan yang dilamar. Karena itu, seorang yang mengirimkan resume untuk satu perusahaan tertentu, akan berbeda isinya untuk perusahaan lainnya.

Tentunya hal ini berbeda dengan CV. Setiap orang yang menuliskan CV untuk perusahaan tertentu, pastinya sama dengan CV ketika ditujukan untuk perusahaan lainnya. Data-data yang dituliskan dalam sebuah CV akan sama persis, seberapa banyak CV itu digunakan untuk melamar beberapa perusahaan.

Urutan dari data yang dituliskan juga harus sesuai. Mulai dari keterangan identitas diri, riwayat pendidikan, pekerjaan, prestasi, skill, hingga pengalaman berorganisasi.

Tujuan Penggunaan CV VS Resume

Resume seperti yang dikatakan sebelumnya disesuaikan dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Setiap posisi yang dilamar, maka Anda akan membuat resume yang relevan. Sehingga sifatnya khusus untuk posisi dan perusahaan tertentu.

Resume selain sebagai digunakan untuk melamar kerja juga untuk mendaftar sebuah beasiswa tertentu. Biasanya calon mahasiswa diminta untuk menyertakan resume, apakah dia benar-benar sesuai dan layak dengan beasiswa yang akan diberikan.

Sedangkan CV memiliki penggunaan yang lebih universal. Anda tidak perlu mengubah data-data yang ada di dalam CV. Kecuali Anda mendapatkan prestasi baru, skill baru, lama bekerja yang juga semakin panjang, dan lain sebagainya.

CV juga ternyata bisa digunakan untuk mendapatkan sebuah beasiswa. Karena berbagai perjalanan hidup, pendidikan, hingga karir juga bisa menjadi pertimbangan sebuah universitas dalam memilih mahasiswa yang berhak mendapatkannya.

Jadi secara penggunaan, resume lebih eksklusif. Sedangkan CV bisa digunakan secara lebih universal.

Itulah perbedaan karakteristik antara CV dan resume yang harus Anda tahu. Meski keduanya berbeda namun tetap menjadi pertimbangan untuk mendapatkan posisi terbaik di sebuah perusahaan yang dilamar. Anda juga harus jeli untuk menuliskan kedua hal tersebut.

Baca juga: Ternyata CV, Resume dan Cover Letter Itu Hal yang Berbeda lho!

Vivian Ningrum

Recent Posts

Kapan Batas Waktu Sholat Maghrib? Ini Pendapat Para Ulama!

Sholat Maghrib adalah salah satu dari lima sholat wajib yang harus dilaksanakan oleh umat Muslim…

3 jam ago

9 Lagu Terbaik Billie Eilish, Ada Ocean Eyes!

Billie Eilish adalah salah satu penyanyi dan penulis lagu yang paling terkenal saat ini. Lahir…

1 minggu ago

6 Film Terbaik Dakota Fanning, Ada War Of The Worlds!

Dakota Fanning adalah salah satu aktris paling berbakat di Hollywood, yang telah memikat penonton sejak…

2 minggu ago

4 Cara Mengobati Bisul di Pantat, Hindari Kebiasaan Buruk!

Bisul di pantat memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat duduk. Penyakit kulit ini disebabkan…

2 minggu ago

Film Terbaik Joaquin Phoenix, Ada Joker!

Joaquin Phoenix, aktor berbakat yang dikenal karena kemampuannya untuk menjiwai peran-peran kompleks, telah berhasil mencuri…

3 minggu ago

10 Film Semi Genre Komedi Terbaik, Ada Friends with Benefits!

Film semi genre komedi memang memiliki daya tarik tersendiri. Kombinasi antara humor yang mengundang tawa…

3 minggu ago