Kesehatan

Manfaat dari Pohon Kelapa yang Wajib Anda Tahu

Ampuh Mengontrol Gula Darah, Berikut Manfaat dari Pohon Kelapa yang Wajib Anda Tahu!

Sumber: Kuparan

Pohon kelapa menjadi salah satu pohon yang sangat mudah ditemukan keberadaannya di Indonesia dan tersedia hampir di setiap rumah masyarakat Indonesia. Tersedianya pohon kelapa ini bukan tanpa alasan karena banyak yang bisa dimanfaatkan dari sebuah pohon kelapa. Simak pembahasan lengkapnya disini!

Apa Itu Pohon Kelapa?

Kelapa merupakan buah yang berasal dari pohon kelapa (Cocos nucifera) yang bisa dimanfaatkan isinya yang terdiri dari air, minyak, dan daging buah yang gurih. Pohon kelapa merupakan pohon buah yang paling tersebar secara alami di planet ini meski berasal dari Asia Tenggara dan pulau-pulau di antara Samudra Hindia dan Pasifik. 

Saat ini, kelapa dibudidayakan di seluruh dunia sehingga pohon kelapa menjadi semakin populer karena rasa dan dagingnya yang bisa dimanfaatkan sebagai kuliner dengan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Manfaat Pohon Kelapa

Sumber: Bibit bunga

Dari pohon kelapa umumnya orang seringkali memanfaatkan buah, daun, dan batangnya untuk beberapa keperluan dalam bentuk kerajinan tangan. Selain seluruh bahannya bisa dimanfaatkan, kandungan dalam buah kelapa juga memberikan banyak manfaat seperti:

1. Bergizi tinggi

Tidak seperti buah lain yang tinggi karbohidrat, kelapa menyediakan sebagian besar lemak dan mengandung protein serta beberapa mineral penting dan sejumlah kecil vitamin B. Mineral dalam kelapa memberikan banyak manfaat untuk fungsi anggota tubuh Anda. 

Buah kelapa mengandung mineral yang sangat tinggi mangan yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan metabolism karbohidrat, protein, dan kolestrol. Kelapa juga kaya akan tembaga dan zat besi yang membantu dalam pembentukan sel darah merah, selenium, dan antioksidan penting yang melindungi sel dalam tubuh Anda. 

2. Efek antibakteri

Beberapa peneltian menemukan bahwa minyak kelapa dapat membantu dalam menghambat pertumbuhan strain bakteri tertentu lho. Penelitian terdahulu membuktikan bahwa minyak kelapa murni dapat menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus, sejenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi bakteri. 

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa emulsi yang mengandung minyak kelapa dan air efektif melawan Staphylococcus epidermidis dan Escherichia coli yakni dua jenis bakteri yang berkaitan dengan penyakit bawaan makanan.

3. Dapat meningkatkan kontrol gula darah

Buah kelapa rendah akan karbohidrat dan tinggi akan serat dan lemak yang mungkin bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Bahkan beberapa ulasan menyarankan bahwa minyak kelapa dapat membantu dalam menurunkan kadar gula darah karena sifat anti-inflamasi dan kandungan antioksidannya. 

Kandungan serat yang tinggi dari daging kelapa juga dapat membantu dalam memperlambat pencernaan dan berpotensi dalam meningkatkan resistensi insulin yang membantu dalam mengatur kadar gula darah. 

Tahukah Anda, bahwa menambahkan lemak kelapa ke dalam makanan sebenarnya dapat meningkatkan resistensi insulin dalam jangka panjang yang memperburuk kontrol gula darah? Untuk itu, harus lebih berhati-hati lagi terhadap konsumsi lemak kelapa ya!

4. Mengandung antioksidan yang kuat

Daging kelepa mengandung senyawa fenolik yang merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Senyawa fenolik utama yang diidentifikasi seperti asam galat, asam kafeat, asam salisilat, dan asam p-kumarat. 

5. Kombinasi makanan terbaik

Kelapa merupakan buah dengan rasa yang enak dan gurih, sehingga daging buahnya sangat cocok dikombinasikan dengan masakan seperti kari, semur ikan, dan hidangan nasi. Kelapa parut sering digunakan untuk menambahkan sentuhan rasa manis dan kelembaban alami pada kue, muffin, dan roti cepat saji. 

Selain daging buah, minyak kelapa merupakan jenis lemak tahan panas yang lezat dan dapat digunakan sebagai pengganti minyak lain untuk memanggang dan menumis. 

Nah, ternyata ada banyak sekali manfaat dari pohon kelapa yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia terlebih buah kelapa dengan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia lho. Jangan lupa untuk rutin minum air kelapa dan rasakan sensasinya!

Baca juga: Manfaat Air Kelapa Hijau Sebagai Bahan Minuman

Vivian Ningrum

Recent Posts

9 Lagu Terbaik Billie Eilish, Ada Ocean Eyes!

Billie Eilish adalah salah satu penyanyi dan penulis lagu yang paling terkenal saat ini. Lahir…

1 minggu ago

6 Film Terbaik Dakota Fanning, Ada War Of The Worlds!

Dakota Fanning adalah salah satu aktris paling berbakat di Hollywood, yang telah memikat penonton sejak…

2 minggu ago

4 Cara Mengobati Bisul di Pantat, Hindari Kebiasaan Buruk!

Bisul di pantat memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat duduk. Penyakit kulit ini disebabkan…

2 minggu ago

Film Terbaik Joaquin Phoenix, Ada Joker!

Joaquin Phoenix, aktor berbakat yang dikenal karena kemampuannya untuk menjiwai peran-peran kompleks, telah berhasil mencuri…

3 minggu ago

10 Film Semi Genre Komedi Terbaik, Ada Friends with Benefits!

Film semi genre komedi memang memiliki daya tarik tersendiri. Kombinasi antara humor yang mengundang tawa…

3 minggu ago

10 Film Leonardo DiCaprio Terbaik, Ada Don’t Look Up!

Leonardo DiCaprio adalah salah satu aktor Hollywood paling dikenal dan dihormati di dunia. Kariernya yang…

3 minggu ago