Jenis-jenis Buah Mangga yang Harus Kalian Ketahui

Advertisements

Dilihat dari bentuk pohonnya, sekilas pohon mangga itu memang tampak sama. Umumnya pohon mangga tumbuh dengan ketinggian yang mencapai 6 – 8 meter. Meski tampak sama, namun pada setiap pohon mangga itu terdiri dari jenis yang berbeda lho. Ada beberapa jenis-jenis buah mangga yang perlu anda ketahui.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas seputar jenis-jenis buah mangga. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  

1. Mangga Gedong Gincu

Jenis buah mangga pertama yang akan dibahas, yakni bernama Mangga Gedong Gincu. Menurut informasi yang didapat, Mangga Gedong Gincu ini berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat yang memiliki warna kuning kemerahan dengan ukuran kecil dan berbentuk agak lonjong. 

jenis jenis buah mangga

Selain di daerah Cirebon, jenis buah mangga yang satu ini juga kerap dijumpai di daerah Indramayu Jawa Barat. Namun, ukuran Mangga Gedong Gincu khas Indramayu lebih kecil dibanding dari mangga Cirebon. Meski berbeda ukuran, kedua jenis Mangga Gedong Gincu ini sama-sama memiliki rasa yang begitu manis. 

2. Mangga Arumanis

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan Mangga Arumanis? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan jenis buah mangga yang satu ini. Usut punya usut, ternyata Mangga Arumanis berasal dari daerah Probolinggo yang memiliki bentuk lonjong dengan bagian ujung meruncing. 

jenis jenis buah mangga

Alasan mengapa mangga ini diberi nama Mangga Arumanis, yakni karena ia memang memiliki aroma harum dan rasa yang manis. Adapun ciri khas lainnya dari Mangga Arumanis, seperti kulit berwarna hijau kekuningan, tekstur daging yang lembut, dan tahan lama. 

3. Mangga Simanalagi

Dari segi rasa, Mangga Simanalagi ini mengusung perpaduan antara mangga arumanis dan golek. Ukuran Mangga Simanalagi lebih kecil dai mangga golek. Tekstur daging buah Mangga Simanalagi tampak lebih tebal, padat, dan berserat. 

Advertisements
jenis jenis buah mangga

4. Mangga Apel

Selain mangga arumanis, Mangga Apel juga merupakan salah satu jenis buah mangga yang memang sudah umum dijumpai. Sesuai dengan namanya, yang mana jenis buah Mangga Apel memiliki bentuk bulat seperti buah apel. 

Menurut kabar yang beredar, Mangga Apel ini berasal dari negara Singapura yang memiliki watna hijau kemerahan. Terdapat dua jenis Mangga Apel, yaitu Mangga Apel merah dan Mangga Apel hijau. 

jenis jenis buah mangga

Dari segi rasa, Mangga Apel merah memliki rasa yang lebih manis, beraroma harum, serta tekstur dagingnya sangat halus. Berbeda dengan jenis Mangga Apel hijau yang memiliki rasa asam dan bertekstur keras. 

5. Mangga Alpukat

Ini dia salah satu jenis buah mangga asal Pasuruan, Jawa Timur yang sedang viral di berbagai media sosial. Hal itu bukan tanpa alasan, karena cara memakan buah mangga yang satu ini sangat mirip dengan buah alpukat lho. 

Dengan demikian, maka tak heran jika ia diberi nama Mangga Alpukat. Kamu pun tidak perlu repot untuk mengupas kulitnya, dan hanya tinggal memotong bagian tengahnya. Usut punya usut, ternyata buah Mangga Alpukat ini merupakan hasil perkawinan silang dari jenis mangga gadung dan mangga madu. 

Soal rasa, tentu saja Mangga Alpukat ini lebih unggul ketimbang jenis buah mangga lainnya. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika buah Mangga Alpukat ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 35 ribu per kg. 

Nah, itulah beberapa jenis buah mangga yang paling populer dipasaran. 

Advertisements

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *