Tips

5 Cara Merawat Bahan Denim Celana Jeans

Mengetahui beberapa cara merawat bahan denim celana jeans tentunya dapat menjadi suatu tips yang sangat berguna bagi Anda sekalian. Melakukan berbagai macam perawatan yang tepat untuk celana jeans berbahan denim dapat membuatnya awet. Jadi celana jeans nantinya bisa digunakan selama bertahun-tahun. Setiap orang pastinya tahu dan pernah memakai celana jeans berbahan denim. Bahkan celana jenis ini sangat disuka karena menimbulkan kesan santai dan modis. Untuk itu perawatannya harus dilakukan dengan benar misalnya melalui berbagai cara berikut ini. 

Tidak sering dicuci

Bahan pakaian yang sering dicuci sebenarnya dapat dengan mudah memudar warnanya. Warna yang memudar ini bahkan lama-kelamaan bisa cepat hilang. Tentu saja hal ini membuat celana jeans yang terbuat dari bahan denim tersebut tidak bisa lagi dipakai. Sebab tampilan celana jadi semakin tidak memikat. Untuk itu sebaiknya celana jeans tidak sering dicuci. Jika memang Anda harus mencucinya maka rendamlah saja celana jeans tersebut dengan air dicampur garam dan jangan mencampurnya dengan pakaian lain. 

Cuci dengan air dingin

Celana jeans berbahan denim sebaiknya tidak dicuci dengan menggunakan air panas. Sebaliknya bahan denim ini bisa dicuci dengan menggunakan air dingin atau air biasa saja. Air panas memang bisa merusak celana jeans. Baik merusak warnanya maupun juga bahan kain pembuat celana. Oleh karena itu bahan celana dari denim sudah seharusnya dicuci dengan menggunakan air dingin dan hanya direndam saja. 

Gunakan tangan untuk mencuci

Satu lagi cara tepat yang dapat dilakukan untuk merawat celana jeans dengan bahan denim adalah mencucinya dengan menggunakan tangan. Artinya Anda tidak perlu mencuci celana jeans ini dengan menggunakan sistem laundry. Sebab bahan denim sebenarnya dapat dicuci atau dibersihkan dengan mudah. Anda hanya tinggal merendam celana jeans dalam air yang sudah dicampur dengan deterjen. Kemudian diamkan saja celana jeans tersebut selama sekitar satu jam dalam rendaman air detergen. Setelah itu baru celana jeans dibilas agar bebas dari sisa deterjen. 

Dikeringkan secara alami

Selain cara mencuci jeans rupanya perlu pula diketahui dan dipahami cara mengeringkannya. Setelah dicuci maka celana jeans Anda bisa dikeringkan dengan cara yang alami. Jadi setelah dicuci tentunya celana jeans bisa dikeringkan misalnya dengan diletakkan di luar ruangan namun jauh dari pancaran langsung sinar matahari. Menjauhkannya dari paparan sinar matahari langsung dapat membuat celana jeans jadi lebih awet. Yang perlu diingat pula dalam hal ini adalah jangan mengeringkan celana jeans dengan menggunakan mesin pengering agar tidak sampai rusak. 

Jauhkan dari pemutih

Cara terakhir yang juga perlu diterapkan dalam melakukan perawatan terhadap celana jeans adalah menjauhkannya dari bahan pemutih pakaian. Bahan pemutih memang bisa menghilangkan noda namun dapat merusak serat kain. Jadi jika terdapat noda pada jeans sebaiknya rendam saja bagian yang bernoda atau gunakan sabun untuk menghilangkan nodanya agar jeans tidak rusak dan memudar warnanya. 

Lima cara merawat bahan denim celana jeans yang telah tertera di atas akan membantu Anda untuk menjaga celana jeans milik Anda. Jika perawatan dilakukan dengan tepat maka tentu saja celana jeans Anda tidak akan cepat rusak. Bukan hanya itu saja melainkan celana jeans juga tidak akan memudar warnanya. Jadi celana jeans Anda yang berbahan denim tersebut akan selalu dapat dipakai kapan saja dan membuat tampilan jadi lebih keren. 

Vivian Ningrum

Recent Posts

9 Lagu Terbaik Billie Eilish, Ada Ocean Eyes!

Billie Eilish adalah salah satu penyanyi dan penulis lagu yang paling terkenal saat ini. Lahir…

1 minggu ago

6 Film Terbaik Dakota Fanning, Ada War Of The Worlds!

Dakota Fanning adalah salah satu aktris paling berbakat di Hollywood, yang telah memikat penonton sejak…

2 minggu ago

4 Cara Mengobati Bisul di Pantat, Hindari Kebiasaan Buruk!

Bisul di pantat memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat duduk. Penyakit kulit ini disebabkan…

2 minggu ago

Film Terbaik Joaquin Phoenix, Ada Joker!

Joaquin Phoenix, aktor berbakat yang dikenal karena kemampuannya untuk menjiwai peran-peran kompleks, telah berhasil mencuri…

3 minggu ago

10 Film Semi Genre Komedi Terbaik, Ada Friends with Benefits!

Film semi genre komedi memang memiliki daya tarik tersendiri. Kombinasi antara humor yang mengundang tawa…

3 minggu ago

10 Film Leonardo DiCaprio Terbaik, Ada Don’t Look Up!

Leonardo DiCaprio adalah salah satu aktor Hollywood paling dikenal dan dihormati di dunia. Kariernya yang…

3 minggu ago