Entertainment

Persiapan Menjelang Tahun Baru Imlek, Apa Saja?

Inilah Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang dan Perayaan Tahun Baru Imlek

Menurut informasi yang didapat, asal usul imlek bermula dari sosok monster jahat bernama Nian yang selalu menyerang masyarakat China di setiap awal dan akhir tahun baru. Konon monster jahat tersebut sangat takut terhadap bunyi-bunyian keras, cahaya terang, dan warna merah. Yuk intip apa saja persiapan menjelang tahun baru imlek

Karena hal itulah yang menjadi alasan mengapa masayarakat China selalu menyalakan kembang api, petasan, memasang lentera merah, hingga menggunakan pakaian warna merah saat merayakan tahun baru imlek. 

Tak hanya itu, ternyata ada beberapa hal yang harus dipersiapkan menjelang perayaan tahun baru imlek. Lantas, hal apa sajakah yang harus dipersiapkan? Nah, biar kalian gak penasaran mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Membersihkan Rumah Secara Keseluruhan

Membersihkan rumah secara keseluruhan merupakan salah satu tradisi yang selalu dilakukan oleh masyarakat China maupun keturunan Tionghoa menjelang imlek. Tak hanya membuat rumah menjadi bersih dan rapi, bahkan kegiatan tersebut diyakini dapat memperbaiki nasib di masa mendatang lho. 

Selain menjelang imlek, kegiatan bersih-bersih rumah juga kerap dilakukan beberapa hari setelah perayaan imlek. Apabila kegiatan bersih-bersih rumah dilakukan pas perayaan imlek, justru nasib buruk akan menimpa si penghuni rumah. 

2. Menghiasi Rumah Dengan Warna Merah dan Emas

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa perayaan imlek itu selalu identik dengan warna merah. Oleh karena itu, suasana di dalam rumah harus dibuat dengan warna serba merah. Ya, mulai dari sprei, sarung bantal, selimut, pakaian, dan lain sebagainya. 

Tak hanya warna merah, kamu juga dapat menggunakan elemen-elemen yang berwarna emas untuk menonjolkan nuansa kemewahan. 

3. Sediakan Tanaman-tanaman Khas Imlek

Terdapat beberapa jenis tanaman yang selalu laris menjelang perayaan tahun baru imlek, seperti bunga krisan, bunga persik, dan bunga lotos. Hal itu bukan tanpa alasan, karena pada masing-masing ketiga jenis tanaman tersebut mempunyai makna tersendiri yang bisa mendatangkan keberuntungan. 

Bukan hanya tanaman hias, masyarakat China maupun orang keturunan Tionghoa kerap menyajikan jeruk mandarin pada perayaan tahun baru imlek. Dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa, jeruk mandarin yang masih bertangkai dan berdaun bisa membawa keberuntungan di masa mendatang.  

4. Hiasi Rumah Dengan Ornamen-ornamen Khas Imlek

Tak hanya mengganti dekorasi rumah menjadi warna merah dan emas, kamu juga jangan sampai lupa untuk menampilkan ornamen-ornamen khas imlek. Adapun dua hal yang wajib ada pada perayaan tahun baru imlek, yakni berupa angpao dan lampion berwarna merah. 

Mengenai lampion, biasanya benda ini kerap digantungkan di depan rumah serta di ruang keluarga agar bisa menciptakan nuansa meriah. Begitu pun dengan uang angpao yang umumnya akan digantung pada pohon berukuran kecil yang disimpan di dalam rumah. 

5. Menyajikan Makanan-makanan Khas Imlek

Hal berikutnya yang harus kamu persiapkan pada perayaan tahun baru imlek, yakni berupa makanan-makanan khas imlek. Lantas, seperti apa sajakah jenis-jenis makanan imlek tersebut? 

Adapun mengenai beberapa jenis makanan khas imlek yang harus dipersiapkan seperti kue keranjang, kue mangkuk, lumpia, mie panjang khas China, kue kering, dan ikan utuh. Sebaiknya makanan-makanan tersebut disajikan dalam wadah yang berwarna merah, hitam, dan emas. 

Nah, seperti itulah beberapa persiapan menjelang tahun baru Imlek yang bisa anda siapkan. Bagaimana, apakah kamu sudah siap menyambut imlek dengan suka cita?

Vivian Ningrum

Recent Posts

Kapan Batas Waktu Sholat Maghrib? Ini Pendapat Para Ulama!

Sholat Maghrib adalah salah satu dari lima sholat wajib yang harus dilaksanakan oleh umat Muslim…

4 jam ago

9 Lagu Terbaik Billie Eilish, Ada Ocean Eyes!

Billie Eilish adalah salah satu penyanyi dan penulis lagu yang paling terkenal saat ini. Lahir…

1 minggu ago

6 Film Terbaik Dakota Fanning, Ada War Of The Worlds!

Dakota Fanning adalah salah satu aktris paling berbakat di Hollywood, yang telah memikat penonton sejak…

2 minggu ago

4 Cara Mengobati Bisul di Pantat, Hindari Kebiasaan Buruk!

Bisul di pantat memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat duduk. Penyakit kulit ini disebabkan…

2 minggu ago

Film Terbaik Joaquin Phoenix, Ada Joker!

Joaquin Phoenix, aktor berbakat yang dikenal karena kemampuannya untuk menjiwai peran-peran kompleks, telah berhasil mencuri…

3 minggu ago

10 Film Semi Genre Komedi Terbaik, Ada Friends with Benefits!

Film semi genre komedi memang memiliki daya tarik tersendiri. Kombinasi antara humor yang mengundang tawa…

3 minggu ago