General

Hadist Tentang Sholat sebagai Amalan Pertama yang akan Dihisab

Hadist Tentang Sholat yang Menjelaskan Pentingnya Sholat

Hadist tentang sholat pada pembahasan ini sangat penting untuk orang muslim tahu. Sholat mempunyai kedudukan dengan derajat paling tinggi dalam Islam. Dengan begitu ada banyak hadist tentang sholat, sebab sholat menjadi tiang agama yang menjadi batas pemisah di antara keislaman dengan kemunafikan dan kekufuran.

Rasulullah SAW memberi perhatian yang sangat besar mengenai permasalahan sholat. Nabi Muhammad SAW memberi contoh atas pelaksanaan sholat secara detailnya, dari awal hingga akhir, dari takbir hingga salam, sehingga sholat sangat penting dilakukan.

Berikut inilah beberapa penjelasan mengenai hadist sholat serta keutamaannya:

  1. Sholat Menjadi Amalan Pertama Ketika Dihisab

Seperti yang dijelaskan kepada Anas RA, bahwasannya Nabi Muhammad SAW bersabda: “Yang pertama kali akan dihisab dari seseorang pada hari kiamat adalah sholat. Jika sholatnya baik, akan baik pula seluruh amalnya. Jika sholatnya rusak akan rusak pula seluruh amal perbuatannya.”

Terdapat riwayat lain yang juga mengatakan: “Yang pertama kali ditanyakan kepada seorang hamba pada hari kiamat adalah perhatian kepada sholatnya. Jika sholatnya baik, dia akan beruntung (dalam sebuah riwayat disebutkan dia akan berhasil). Dan jika sholatnya rusak, dia akan gagal dan merugi.” (Thabrani)

  1. Sholat Adalah Amalan Baik Setelah Dua Kalimat Syahadat

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, beliau mengatakan, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah SAW, amalan apakah yang paling afdhol?, Nabi menjawab, ‘sholat pada waktunya’, ‘Lalu aku bertanya lagi, ‘terus apa?’ ‘berbakti pada orang tua’, jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. ‘Lalu apa lagi’, aku bertanya kembali, ‘jihad di jalan Allah,’ jawab Nabi.” (HR. Bukhari No. 7534 dan Muslim no 85)

  1. Hadist Tentang Sholat Merupakan Tiang Agama

Seperti yang telah dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya:

Sholat adalah tiang agama, barangsiapa mendirikannya maka sungguh ia telah menegakkan agama (Islam) itu dan barangsiapa meninggalkannya maka sungguh ia telah merobohkan agama (Islam) itu,” Baihaqi.

Agama Islam ibaratnya seperti bangunan yang harus mempunyai tiang penyangga. Penyangga mempunyai fungsi agar bangunan menjadi tidak roboh dan kuat.

  1. Sholat Adalah Obat Hati

Dengan menjalankan ibadah sholat bisa menjadikan obat pelipur lara. Sholat dapat memberikan kesenangan, kebahagiaan serta kesempurnaan.

Sesuai hadist riwayat An-Nasa’i dan Ahmad Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, artinya, “Dijadikan kesenanganku dari dunia berupa wanita dan minyak wangi. Dan dijadikanlah penyejuk hatiku dalam ibadah sholat.”

  1. Sholat sebagai Penggugur Dosa Kecil

Sholat yang dijalankan dapat menghapus dosa sehingga dapat membuat kenyamanan dalam hati. Selain itu dengan melaksanakan sholat dapat membersihkan tubuh dari dosa-dosa kecil.

Berdasarkan dengan hadist riwayat Bukhari, dari Abu Hurairah RA, beliau mendengar Rasullullah SAW.

Bagaimana pendapatmu jika di depan pintu rumahmu ada sungai, lalu Engkau mandi sehari lima kali? Apakah tersisa kotoran di badannya?

Sahabat menjawab, “Tidak akan tersisa kotoran sedikit pun di badannya.”

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Itu adalah pemisalan untuk sholat lima waktu. Dengan sholat lima waktu, Allah Ta’ala menghapus dosa-dosa kecil.”

  1. Hadist Tentang Sholat sebagai Perintah Sejak Kecil

Dari Abdullah bin ‘Amr RA, ia mengatakan bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: “Suruhlah anak kalian sholat ketika berumur tujuh tahun dan pukullah mereka ketika berusia sepuluh tahun (jika mereka meninggalkan sholat). Dan pisahkanlah tempat tidur mereka (antara anak laki-laki dan anak perempuan)!” (HR. Abu Dawud, no 495: Ahmad, II/180, 187: Al-Hakim, I/197)

  1. Sholat sebagai Penolong

Seperti yang telah tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 45 berfirman:

Dan mohon lah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.”

Demikianlah hadist tentang sholat yang telah tercantum dalam Al-Qur’an ataupun riwayat. Sholat merupakan tiang agama yang menjadi amalan pertama kali untuk dihisab ketika di akhirat.

Baca Juga: 3 Keutamaan Asmaul Husna Yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Terdapat plagiat pada hadist dan dalil.

!!!!

Baca Juga:

Vivian Ningrum

Recent Posts

Kapan Batas Waktu Sholat Maghrib? Ini Pendapat Para Ulama!

Sholat Maghrib adalah salah satu dari lima sholat wajib yang harus dilaksanakan oleh umat Muslim…

37 menit ago

9 Lagu Terbaik Billie Eilish, Ada Ocean Eyes!

Billie Eilish adalah salah satu penyanyi dan penulis lagu yang paling terkenal saat ini. Lahir…

1 minggu ago

6 Film Terbaik Dakota Fanning, Ada War Of The Worlds!

Dakota Fanning adalah salah satu aktris paling berbakat di Hollywood, yang telah memikat penonton sejak…

2 minggu ago

4 Cara Mengobati Bisul di Pantat, Hindari Kebiasaan Buruk!

Bisul di pantat memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat duduk. Penyakit kulit ini disebabkan…

2 minggu ago

Film Terbaik Joaquin Phoenix, Ada Joker!

Joaquin Phoenix, aktor berbakat yang dikenal karena kemampuannya untuk menjiwai peran-peran kompleks, telah berhasil mencuri…

3 minggu ago

10 Film Semi Genre Komedi Terbaik, Ada Friends with Benefits!

Film semi genre komedi memang memiliki daya tarik tersendiri. Kombinasi antara humor yang mengundang tawa…

3 minggu ago