3 Keutamaan Asmaul Husna Yang Wajib Diketahui Umat Muslim

beritanakmuda.com – Dalam Al-Quran Allah Ta’ala kita wajib mengimani asmaul husna beserta artinya yang sangat mulia dan indah. Dan jika kita berdoa dengan menyebut salah satu nama Allah, doa yang kita doakan akan didengar atau diberikan oleh Allah Ta’ala. Dasar hukum shalat dengan menyebut nama Allah Ta’ala terdapat dalam Surat Al A’raf ayat 180 yang berbunyi sebagai berikut: Artinya: Itu hanya milik Allah Asmaa’ul Husna, jadi mintalah kepada-Nya untuk menyebut Allah (Asmaa’ul Husna) dan tinggalkan mereka yang telah melampaui kebenaran dalam (menyebutkan) Asmaul Husna. Mereka nantinya akan menerima hadiah atas apa yang telah mereka lakukan, dan disebutkan keutamaan asmaul husna juga dalam hadits dikatakan bahwa siapapun yang mengingat nama-nama Allah Ta’al akan masuk surga, dan inilah bunyi salah satu hadits ini:

Artinya: “Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama. Seratus minus satu. yang menjaganya akan akan masuk surga.” (Riwayat Hadis Bukhari nomor 2736, Hadits Riwayat Ahmad nomor 7493 dan Hadis Riwayat Muslim nomor 2677).

Baca Juga : Ketahui 7 Asmaul Husna Beserta Artinya Berikut Ini

Tiga Keutamaan Asmaul Husna Beserta Artinya

Dan arti kata “menjaga” seperti yang dikatakan Syekh Abdul Aziz Bin Baz, ada 3 poin penting, dan diantaranya adalah.

1. Merenungkan Makna Asmaul Husna

Poin pertama di sini adalah kita harus merenungkan makna asmaul husna. Itu adalah maksud dari poin pertama. Seperti contoh Ar-Rahman yakni maha pengasih. Dari situ bisa direnungkan bahwasannya Allah Ta’ala itu adalah zat yang maha mengasihi semua makhluknya tanpa terkecuali. Kita wajib mengimani akan hal tersebut.

2. Keutamaan Asmaul Husna yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Keuntungan dari mengingat Asmaul Husna adalah kita akan menjadi manusia yang kurang sadar dan rendah hati. Karena setelah merenungkan dan mengingat setiap nama luhur Allah (Asmaul Husna). Kita akan menyadari bahwa kita adalah makhluk yang sangat lemah dan tidak berdaya. kecuali pertolongan Tuhan.

3. Mengamalkan Isi Asmaul Husna

Poin 3 adalah kita dianjurkan untuk mengamalkan isi atau makna dari setiap Asmaul Husna karena teladan Allah adalah substansi pemaaf, maka ada baiknya kita sebagai makhluk-Nya perlu memiliki sifat yang mudah memaafkan.

Allah Ta’ala Yang Maha Kuasa adalah substansi yang sangat pemaaf, mengapa kita makhluk lemah tidak bisa memaafkan orang lain! Jadi tidak hanya dengan mengingat ini, kita akan masuk surga, tetapi kita perlu mempraktekkan asma Allah.

Dan yang harus ditekankan, ada banyak kebaikan bagi kita, baik di dunia ini maupun di akhirat, dengan mengingat nama Allah khususnya bagi kita yang merenungkan dan mengamalkannya, Rosulullah Sallallahu’alaihi Vasalam bersabda akan masuk surga bagi orang-orang seperti itu.

Tentunya semua ini tidak akan terjadi jika kita tidak memulainya dengan niat yang kuat untuk mengingatnya, dan ketika kita mengingatnya, tindakan menemani kita, maka tidak heran jika orang yang mengingat Asmaul Husna dan mengamalkannya menjadi saleh dan mendapatkan jani akan masuk surga. Dan akhirnya, dengan mengingat dan mengamalkan Asmaul Husna yang menjadi penyebab kebaikan hati kita, kita akan memiliki rasa takut yang sempurna kepada Allah Ta’ala dan kita akan selalu memenuhi kewajiban kita sebagai hamba atau ciptaan-Nya.

Semoga kita bisa melindungi seorang Muslim yang baik dengan harapan terbesar, yaitu keamanan di dunia ini dan juga di kehidupan akhir. Insyaallah semua hal tersebut akan tercapai oleh kita dengan mengamalkan asmaul husna beserta artinya dan mendapatkan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Tahajud dan Sholat Witir, Yang Wajib Anda Tahu !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *