Resep Masakan Olahan Capcay, Sederhan dan enak

beritanakmuda.com – Bagi Anda yang suka dengan makanan khas dari China, pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan bernama capcay. Masakan olahan Capcay dikatakan memiliki arti aneka sayuran. Tentunya, nama ini bukan tanpa alasan. Isi dari semua bahan yang ada dalam capcay memanglah kumpulan dari banyak jenis sayuran tertentu. 

Tidak ada jumlah khusus yang menunjukkan berapa banyak sayuran yang harus ada dalam capcay. Meski demikian, cap dalam dialek Hokkian memiliki arti sepuluh. Hal ini membuat orang Cina percaya bahwa minimal ada 10 sayuran di masakan ini. 

Ada dua jenis capcay yang perlu Anda ketahui, yakni capcay rebus dan goreng. Kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat capcay. Resep ini tentunya dilengkapi dengan bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuatnya. Langsung saja, ini dia resep membuat capcay. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak capcay kuah sederhana ini adalah:

1 ikat daun sawi. Anda perlu menyiangi dan memotong-motongnya sesuai selera. 

2 buah wortel. Kupas terlebih dahulu sebelum dimasak. Anda bisa memotong atau membentuknya sesuai dengan selera. Biasanya, orang memotong wortel dengan metode potong serong. 

5 buah putren atau jagung kecil. Iris sesuai dengan keinginan. Karena ukurannya kecil, cukup mudah untuk mengatur pemotongannya. 

150 gram daging ayam filler atau tanpa tulang. 

5 buah bakso ikan. Opsional, Anda bisa menambahkannya atau tidak. 

¼ buah paprika, bebas paprika merah atau hijau. 

5 siung cabe merah. Anda bisa menambahkan atau menguranginya sesuai dengan keinginan. 

3 siung bawang putih. Iris halus. 

1 sendok makan saos tiram.

½ sendok teh merica bubuk.

½ sendok teh garam.

1 sendok teh gula pasir.

Minyak secukupnya, hanya untuk menumis. 

Baca Juga : 4 Makanan Khas Palembang Yang Nikmat Banget, Pernah Coba?

Selanjutnya, kita akan membahas tentang cara membuatnya:

  1. Persiapkan bahan. Anda harus memastikan bahan sudah tersedia terlebih dahulu, tujuannya adalah agar lebih mudah dalam proses memasaknya nanti. 
  2. Siapkan wajan atau penggorengan dan tambahkan sedikit minyak. Takaran minyaknya kurang lebih cukup untuk menumis. Setelah itu, masukkan bawang sampai beraroma wangi. Masukkan juga ayam fillet yang sebelumnya sudah dipotong sesuai selera. Masaklah sampai ayam berubah warna menjadi sedikit kecoklatan. 
  3. Tambahkan sedikit air. Air ini berfungsi untuk melembutkan kembali tekstur daging ayam. 
  4. Selanjutnya, masukkan wortel dan putren. Tetapi sebelum sayuran masuk, Anda harus memastikan bahwa ayam sudah empuk dan ¾ matang. Aduk rata semua bahan dalam penggorengan. 
  5. Tambahkan paprika yang sudah dipotong-potong sebelumnya. Masak sampai paprika berubah menjadi layu dan tercampur dengan rata bersama bahan lainnya. 
  6. Langkah selanjutnya adalah memasukkan sawi dan bumbu-bumbu seperti gula, garam dan saus tiram ke dalam penggorengan. Aduk sampai air menyusut dan semua bahan makanan matang. Anda bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum mematikan kompor. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bumbu lainnya apabila makanan dirasa kurang bumbu. 
  7. Sajikan selagi hangat. 

Makanan sederhana untuk sehari-hari ini sangat cocok untuk Anda yang sibuk. Memasak capcay tidak membutuhkan waktu yang lama, berkisar anara 15 sampai 45 menit saja tergantung orang yang memasaknya. Meskipun tergolong makanan yang sederhana dan tidak aneh-aneh, capcay ini memiliki citarasa yang sangat luar biasa. Banyak orang tertarik untuk membelinya di restoran-restoran. Jika Anda bisa memasaknya sendiri, Anda tidak perlu bersusah payah untuk pergi ke restoran hanya untuk membeli capcay bukan? Apakah Anda tertarik untuk mencoba resep yang satu ini? begitulah resep masakan olahan capcay yang enak.

Baca Juga : Resep Bumbu Semur Ayam Sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *