General

Pentingnya Mengajarkan Rukun Islam kepada Anak Sejak Dini

Ingin Mengajarkan Agama ke Anak? Simak Pentingnya Mengajarkan Rukun Islam kepada Anak

Pentingnya mengajarkan rukun Islam kepada anak tidak perlu diragukan lagi. Agama Islam memiliki rukun atau dasar-dasar dalam menjalankan peran sebagai seorang Muslim yang disebut dengan Rukun Islam. Rukun-rukun dalam Islam ini merupakan salah satu hal yang wajib diketahui oleh seluruh umat Muslim dan penting diajarkan kepada anak sejak dini.

Rukun Islam adalah pondasi bagi seorang Muslim sehingga bisa mengamalkannya dengan baik. Rukun ini menjadi dasar agama Islam yang mana telah diriwayatkan oleh HR. Bukhari dan Muslim sebagaimana hadist Rasulullah SAW.

“Islam dibangun diatas lima perkara: persaksian bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, pergi haji dan puasa di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Lima Rukun Islam dan Penjelasannya

  1. Membaca Dua Kalimat Syahadat

Dua kalimat syahadat ini merupakan hal utama yang dilakukan oleh seorang Muslim. Dua kalimat ini juga dilakukan bagi seseorang sebelum memeluk agama Islam dengan disaksikan oleh beberapa saksi.

Kalimat syahadat juga bisa digunakan sebagai suatu amalan. Berikut ini adalah kalimat Syahadat beserta artinya.

“Asy-hadu allaa ilaaha illallaahu wa asy-hadu anna muhammadarrasuulullah”

Yang berarti:

“Aku bersaksi tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah”

Mengajarkan anak-anak tentang Rukun Islam merupakan salah satu hal yang penting. Hal ini dilakukan supaya anak-anak mengetahui hakikat Allah sebagai Tuhan semesta alam serta mengenalkan Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah.

  1. Mendirikan Shalat

Setelah membaca dua kalimat syahadat, hal lain yang wajib dilakukan oleh seorang Muslim yaitu mendirikan shalat. Mengajarkan anak-anak untuk shalat merupakan hal yang penting.

Hal ini dilakukan supaya anak-anak mengetahui cara untuk menyembah Allah dengan melaksanakan shalat 5 waktu. Anak-anak bisa diajarkan dengan tata cara shalat wajib mulai dari Subuh, Dzuhur, Ashar Maghrib serta Isya. 

Anak-anak bisa diajarkan shalat dengan mengikuti shalat berjamaah serta mengajarkannya suratan pendek. Surat-surat pendek yang mudah dihafalkan akan memudahkan anak untuk mempelajari tahapan-tahapan shalat.

  1. Menjalankan Puasa pada Bulan Ramadhan

Anak-anak juga bisa diajarkan untuk melaksanakan puasa pada bulan suci Ramadhan. Puasa Ramadhan adalah bersifat wajib bagi seseorang yang sudah mencapai akil baligh. 

Dalam mengajarkan puasa kepada anak juga bisa dilakukan secara bertahap. Anak-anak bisa diajarkan untuk berpuasa setengah hari kemudian dilanjutkan hingga seharian penuh. 

Puasa juga memiliki tujuan penting yaitu mengajarkan anak-anak untuk menahan hawa nafsu dengan menjaga nafsu lapar dan haus serta menjaga pandangannya. Berpuasa juga mengajarkan anak untuk melatih kesabaran dan melatih emosi.

  1. Menunaikan Zakat

Zakat merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seorang Muslim mulai sejak lahir dan sepanjang hidupnya. Zakat penting untuk diajarkan kepada anak sejak dini.

Melalui menunaikan zakat, anak-anak bisa belajar untuk menumbuhkan rasa empati, menggugah hati anak untuk saling berbagi kepada sesama umat manusia. Selain itu, zakat juga dilakukan untuk membersihkan harta dan memberikannya kepada orang-orang yang kurang mampu.

  1. Pergi Haji

Pergi Haji merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan bagi seseorang dengan kondisi finansial serta fisik yang baik. Mengajarkan anak untuk pergi haji saat ini sudah cukup mudah.

Saat ini, ada beberapa program manasik haji yang dikhususkan untuk anak-anak sehingga anak bisa mengetahuii tata urutan pelaksanaan haji, serta rukun-rukun apa saja yang ada di dalamnya. Dengan memberikan pendidikan mengenai rukun Islam kepada anak, hal ini diharapkan anak bisa memiliki pondasi yang kuat sebagai seorang Muslim.

Itulah beberapa penjelasan pentingnya mengajarkan rukun Islam kepada anak. Ayo ajarkan anak-anak memahami rukun Islam.

Baca Juga: Hadist Tentang Sholat sebagai Amalan Pertama yang akan Dihisab

Vivian Ningrum

Recent Posts

Kapan Batas Waktu Sholat Maghrib? Ini Pendapat Para Ulama!

Sholat Maghrib adalah salah satu dari lima sholat wajib yang harus dilaksanakan oleh umat Muslim…

7 jam ago

9 Lagu Terbaik Billie Eilish, Ada Ocean Eyes!

Billie Eilish adalah salah satu penyanyi dan penulis lagu yang paling terkenal saat ini. Lahir…

1 minggu ago

6 Film Terbaik Dakota Fanning, Ada War Of The Worlds!

Dakota Fanning adalah salah satu aktris paling berbakat di Hollywood, yang telah memikat penonton sejak…

2 minggu ago

4 Cara Mengobati Bisul di Pantat, Hindari Kebiasaan Buruk!

Bisul di pantat memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat duduk. Penyakit kulit ini disebabkan…

2 minggu ago

Film Terbaik Joaquin Phoenix, Ada Joker!

Joaquin Phoenix, aktor berbakat yang dikenal karena kemampuannya untuk menjiwai peran-peran kompleks, telah berhasil mencuri…

3 minggu ago

10 Film Semi Genre Komedi Terbaik, Ada Friends with Benefits!

Film semi genre komedi memang memiliki daya tarik tersendiri. Kombinasi antara humor yang mengundang tawa…

3 minggu ago