5 Tips Memilih Lowongan Untuk Fresh Graduate

Advertisements

Memilih Lowongan Yang Tepat Untuk Para Fresh Graduate

Menjadi seorang fresh graduate sering kali merasa bingung menentukan arah karir dan pekerjaan yang dapat dipilih. Hal tersebut merupakan hal yang wajar karena kebanyakan mereka yang baru saja lulus tidak memiliki pandangan lebih lanjut tentang lowongan yang paling tepat untuk dipilih. Oleh sebab itu untuk memilih posisi yang tepat, sebaiknya perhatikan lebih lanjut tips memilih lowongan untuk fresh graduate yang tepat berikut di bawah ini.

tips memilih lowongan untuk fresh graduate

Sesuaikan Latar Belakang Pendidikan

Hal pertama yang cukup penting untuk diperhatikan saat memilih lowongan yaitu seperti apa jurusan yang dibutuhkan lowongan tersebut. Sangat penting untuk menjadi konsisten dengan memilih lowongan yang meminta jurusan yang sama dengan yang dimiliki. 

Hal ini sebenarnya bukan tanpa sebab, jurusan yang sesuai akan membantu melakukan pekerjaan dengan lebih mudah. Masing-masing posisi dan pekerjaan memiliki kesulitannya masing-masing, sehingga tanpa latar belakang pendidikan yang tepat maka menjalankannya tidak mudah.

Dengan memilih pekerjaan sesuai keahlian dan pendidikan, tentu saja akselerasi dalam melaksanakan pekerjaan tersebut juga lebih cepat dan mudah. Sehingga ke depannya maka posisi pekerjaan yang dipilih juga sesuai dengan bidang keilmuan yang dipelajari sebelumnya.

Samakan Dengan Keinginan

Dalam memilih pekerjaan atau lowongan, sering kali perlu untuk menentukan pekerjaan yang disukai. Jangan memaksakan diri untuk memilih karir yang tidak sesuai keinginan. Contohnya jika hanya sekedar memilih karir yang diinginkan oleh orang tua. Kebanyakan akhirnya membuat karir tidak berjalan mulus dan bahkan berujung pada kegagalan di masa depan.

Oleh sebab itu sebaiknya pilih karir yang telah diimpikan sejak lama. Misalnya yang sesuai dengan cita-cita sejak awal, atau impian yang telah dibangun sejak di bangku kuliah. Memilih posisi pekerjaan sesuai keinginan juga dapat membantu memberikan semangat yang cukup tinggi untuk menjalankan pekerjaan tersebut. Sehingga mampu memberikan hasil akhir yang memuaskan serta sesuai dengan mimpi dan keinginan sejak awal.

Advertisements

Sesuaikan Kemampuan

Jangan memaksakan melakukan pekerjaan yang di luar kemampuan. Misalnya tidak memiliki pengetahuan tentang pajak namun memaksakan untuk bekerja sebagai staff pajak. Sebaiknya pastikan memilih lowongan atau posisi pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Jika memiliki kekuatan di bidang bahasa, maka pilih pekerjaan yang mengutamakan kemampuan tersebut. Jika ahli dalam berhitung, maka cobalah berkarir di posisi yang banyak melakukan perhitungan.

Pilih Perusahaan Dengan Visi Misi Yang Sejalan

Beberapa orang lebih nyaman bekerja sebagai pegawai negeri, beberapa orang yang lain lebih suka bekerja di perusahaan swasta. Maka dari itu ada baiknya melihat mana jenis perusahaan yang sesuai keinginan. Dengan demikian maka nantinya akan lebih nyaman untuk menjalankan pekerjaan di perusahaan yang disukai. Lingkungan perusahaan tentu akan terasa lebih nyaman, dan pastinya sesuai dengan prinsip atau visi dan misi dalam berkarir.

Sesuaikan Kepribadian

Mau tidak mau kepribadian juga akan menentukan posisi pekerjaan yang sesuai. Orang yang interovert pada umumnya tidak cocok bekerja sebagai sales. Sementara itu orang yang suka berbicara kurang cocok jika harus mengerjakan pekerjaan individu yang menuntut fokus yang tinggi. Dengan melihat seperti apa kepribadian yang dimiliki, maka tentunya lebih mudah memilih profesi yang sesuai.

Baca Juga : Perusahaan Korea Yang Terkenal dan Layak Investasi

Itulah beberapa tips memilih lowongan yang tepat untuk fresh graduate. Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, maka diharapkan nantinya bisa memperoleh posisi terbaik dalam pekerjaan. Sehingga hal tersebut akan menuntun pada posisi karir terbaik serta masa depan yang paling menjanjikan.

Advertisements

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *