Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh

Advertisements

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh, Cek Selengkapnya di Sini!

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan daun salam? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan jenis rempah yang satu ini. Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa daun salam kerap diandalkan sebagai bahan bumbu masakan. 

Pada umumnya, daun salam digunakan dengan tujuan untuk mempertajam aroma dari masakan tersebut. Terlepas dari penggunaannya sebagai bahan bumbu masakan, ternyata daun salam memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh lho. 

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas seputar beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Memelihara Fungsi Saraf

20 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya
Sumber: Detikcom

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa air rebusan salam memiliki beragam kandungan positif yang dapat memelihara fungsi saraf. Ya, kandungan tersebut diantaanya berupa vitamin C, asam folat, vitamin A, antioksidan alami, serat, vitamin B, niasin, pridoksin, asam pantotenat, dan riboflavin. 

Dengan mengonsumsi air rebusan daun salam sebanyak 1 gelas dalam sehari, maka akan sangat membantu dalam memelihara system saraf, sintesis enzim, hingga mengatur metabolisme tubuh. 

2. Mampu Mengobati Diabetes

Rebusan Daun Salam bisa Turunkan Kolesterol? - KlikDokter
Sumber: KlikDokter

Daun salam merupakan pilihan yang paling tepat untuk para penderita penyakit diabetes tipe 2. Mengapa demikian? Pasalnya, daun salam memiliki peranan yang sangat penting untuk menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol, serta trigliserida. 

Bukan hanya itu, daun salam juga memiliki sifat antioksidan yang dapat mendukung tubuh untuk memproses insulin secara efisien. Itu sebabnya, mengapa daun salam sangat cocok untuk mereka yang menderita masalah resistensi insulin. 

Baca juga: Manfaat dari Pohon Kelapa yang Wajib Anda Tahu

Guna mengobati diabetes, maka daun salam ini harus dijemur terlebih dulu sampai benar-benar kering, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu seduh dengan air mendidih, tunggu sampai agak hangat, lalu minumlah sampai habis tak tersisa. 

Advertisements

Namun sebelum mengonsumsi ramuan daun salam tersebut, ada baiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter. Sebab daun salam juga dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah secara belebihan lho!

3. Meredakan Rasa sakit

Ketahui Berbagai Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan
Sumber: Halodoc

Daun salam memiliki kandungan minyak atsiri bernama eugenol dan methyl chavicol yang cukup efektif dalam membunuh jamur maupun bakteri. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kandungan minyak tersebut juga sangat ampuh untuk mengobati peradangan dan rasa nyeri akibat penyakit rematik. 

Bukan hanya itu, memijat tubuh dengan minyak daun salam diyakini dapat meredakan sakit kepala sebelah (migrain). 

4. Memelihara Kesehatan Gigi

Ada Berbagai Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Bukan Hanya Pelezat  Masakan - Alodokter
Sumber: Alodokter

Sebenarnya salah satu cara yang paling efektif dalam memelihara kesehatan gigi itu adalah dengan menggosok gigi secara rutin sebanyak dua kali sehari. Namun tahukah kamu? ternyata daun salam juga bisa digunakan untuk memelihara kesehatan gigi.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mengoleskan serbuk daun salam yang sudah dikeringkan ke area gigi secara merata. Setelah itu, silahkan gosok gigimu dengan menggunakan sikat seperti biasanya. 

5. Dapat Mengatasi Masalah Keputihan

Punya Khasiat Ajaib, Rutinlah Bakar Daun Salam di dalam Ruangan dan Rasakan  Manfaatnya - Parapuan
Sumber: Parapuan

Pada dasarnya, keputihan merupakan sebuah kondisi masalah di area organ intim yang kerap di alami oleh perempuan dewasa. Kondisi ini ditandai dengan keluarnya cairan bening berwarna putih yang memiliki tekstur licin serta beraroma tidak sedap. 

Selain aromanya yang tidak sedap, masalah keputihan juga selalu dibarengi dengan rasa gatal-gatal di area organ intim. Tentu saja kondisi tersebut dapat membuatmu merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah keputihan, maka kamu bisa mengonsumsi air rebusan daun salam.

Baca juga: 3 Resep Masakan Berkuah Tanpa Santan

Sumber: https://beritakubaru.com/

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *