Kuliner

4 Rekomendasi Makanan Khas Bali

beritanakmuda.com – Bali adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Indonesia, bahkan di dunia. Tidak hanya memiliki banyak pemandangan alam, tempat wisata dan budaya yang menarik untuk didalami, Bali juga memiliki banyak sekali makanan khas. Pastinya, tidak akan lengkap berwisata ke suatu daerah tertentu tetapi tidak mencoba menu makanan khasnya. Nah, bila Anda ke Bali sudah pasti Anda harus mencari tahu makanan apa saja yang bisa Anda nikmati disana. Nah, berikut ini adalah 4 rekomendasi makanan khas Bali yang wajib Anda coba. 

Babi Guling

Bagi Anda yang sudah pernah ke Bali atau bahkan sering datang ke tempat ini, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan Babi Guling. Makanan yang satu ini memang menjadi andalan para turis baik lokal maupun internasional. Dari namanya saja Anda sudah bisa mengasumsikan bahwa makanan ini tidak halal sehingga bagi Anda yang tidak bisa mengkonsumsinya tentu disarankan mencoba makanan lain. Babi guling adalah salah satu hidangan daging babi yang dimasak dengan cara dibakar. Ketika dibakar, daging akan dicampurkan bersama dengan beragam rempah di bagian perut. Yap, babi guling memang masakan yang dimasak ketika babi dalam keadaan utuh. Setelah itu, babi akan diguling-gulingkan agar hasil masakan matang merata. Makanan ini sangat lezat apabila dicoba menggunakan nasi panas. Tekstur daging yang super lembut tentu akan membuat Anda menyukainya. 

Ayam Betutu

Jika Anda tidak bisa mengonsumsi babi guling, tenang saja karena makanan yang satu ini aman untuk dicoba. Anda bisa mencoba menu masakan Ayam Betutu. Ayam khas dari Bali ini biasanya lebih mudah dijumpai di wilayah aslinya yakni Gilimanuk. Ayam ini dimasak menggunakan rempah yang memiliki rasa pedas. Total jam yang dihabiskan untuk memasaknya pun cukup lama sehingga hasil bumbu super meresap. Ayam betutu ini dikenal sebagai makanan yang empuk dan memiliki rasa pedas. Ada banyak sekali restoran yang menyediakan makanan ini sehingga Anda sama sekali tidak boleh melewatkannya. 

Baca Juga: 4 Makanan Khas Palembang Yang Nikmat Banget, Pernah Coba?

Lawar

Suka makanan dengan sedikit tambahan sayur? Bila ya, maka Lawar adalah jawabannya. Lawar merupakan makanan khas Bali yang dibuat dengan campuran sayur dan daging. Kedua bahan ini disatukan dan dimasak menggunakan bumbu khas. Ada banyak daging yang bisa digunakan untuk membuat Lawar, mulai dari daging babi, ayam hingga bebek. Makanan ini biasanya disajikan bersama dengan Nasi Campur Bali. Perpaduan nasi hangat dan lawar tentu akan membuat Anda betah mencobanya berlama-lama. 

Sambal Matah

Tentu saja menu makanan yang satu ini tidak bisa dimakan sendirian. Sambal matah memang berasal dari Bali dan berhasil menjadi salah satu sambal paling populer di Indonesia. Makanan ini bisa Anda coba bersama dengan lauk lain seperti Salted Egg Rice yang populer belakangan ini. Hampir semua restoran di Bali memiliki menu sambal matah sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak bisa mendapatkannya. Campuran sambal dengan bawang dan bumbu-bumbu lainnya tentu membuat Anda semakin penasaran akan rasanya. 

Itu dia 4 rekomendasi makanan khas Bali yang harus dicoba saat berkunjung. Makanan-makanan ini bisa dengan mudah didapati di wilayah Bali, jadi Anda tidak perlu khawatir tidak menemukan restoran yang pas. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Bagi Anda yang tidak suka pedas, Anda sebaiknya menanyakan terlebih dahulu tentang level pedas yang ditawarkan. Selamat mencoba.

Vivian Ningrum

Recent Posts

9 Lagu Terbaik Billie Eilish, Ada Ocean Eyes!

Billie Eilish adalah salah satu penyanyi dan penulis lagu yang paling terkenal saat ini. Lahir…

1 minggu ago

6 Film Terbaik Dakota Fanning, Ada War Of The Worlds!

Dakota Fanning adalah salah satu aktris paling berbakat di Hollywood, yang telah memikat penonton sejak…

2 minggu ago

4 Cara Mengobati Bisul di Pantat, Hindari Kebiasaan Buruk!

Bisul di pantat memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat duduk. Penyakit kulit ini disebabkan…

2 minggu ago

Film Terbaik Joaquin Phoenix, Ada Joker!

Joaquin Phoenix, aktor berbakat yang dikenal karena kemampuannya untuk menjiwai peran-peran kompleks, telah berhasil mencuri…

3 minggu ago

10 Film Semi Genre Komedi Terbaik, Ada Friends with Benefits!

Film semi genre komedi memang memiliki daya tarik tersendiri. Kombinasi antara humor yang mengundang tawa…

3 minggu ago

10 Film Leonardo DiCaprio Terbaik, Ada Don’t Look Up!

Leonardo DiCaprio adalah salah satu aktor Hollywood paling dikenal dan dihormati di dunia. Kariernya yang…

3 minggu ago